5 Bahan Halal Pengganti Alkohol dalam Masakan

- Februari 18, 2019

Soreini.com, bagi penikmat kuliner tentu ingin mencoba kuliner lezat dari barbagai belahan dunia, seperti masakan oriental, western dan lainnya.

Namun dari sejumlah masakan lezat tersebut ada makanan-makanan dengan kandungan yang tidak halal.

Jika daging kita bisa mengganti dengan daging sapi, namun bagai mana jika menggunakan alkohol, jika bagian ini dihilangkan akan mengurangi orisinalitas makanan tersebut.

"Bagaimana caranya agar rasa tetap orisinil namun halal"

Mulai sekarang bagi kita umat muslim tidak perlu khawatir, ada kok cara agar makanan tetap lezat dan orisinil namun tetap halal.

5 Bahan Halal Pengganti Alkohol

1. Anggur merah

Dilansir dari, well.blogs.nytimes.com. Red wine atau anggur merah merupakan hasil fermentasi buah anggur. Rasanya cenderung masis dengan aroma khas yang kuat. Kalau resep masakan yang akan kita olah mengandung anggur merah kita bisa menggantikan dengan jus buah anggur, atau jus cranberry.

2. Anggur putih

Bagai mana dengan anggur putih? dikutip dari foodnetwork.com, anggur putih adalah hasil fermentasi dari anggu hijau.

Namun perlu kita perhatikan, untuk mendapatkan rasa masakan dengan anggur putih bukan dengan menggunakan jus buah anggur hijau, kita bisa mendapatkan rasa tersebut dengan campuran kaldu ayam atau sayur dan jus apel segar.

3. Rum

Rum merupakan bahan yang banyak dipakai dalam cake, bahkan masih banyak orang tidak tahu bahwa rum mengandung alkohol.
Kita bisa menggunakan sari apel dan ekstrak kacang almond sebagai penggantinya. Selain itu, sudah ada perisa dan aroma rum berbentuk pasta yang dijual bebas di toko kue yang tentunya bebas alkohol.


4. Mirin atau sake Jepang
Dikutip dari thekitchn.com Sake adalah hasil fermentasi beras ini familiar banget digunakan untuk olahan sushi, ramen, dan makanan-makanan Jepang atau Korea. Namun, rasa yang mirip bisa didapat dari campuran perasan jeruk lemon, jus anggur, dan gula pasir.

5. Ang ciu atau arak
Instagram.com/toko.ben Fermentasi beras berwarna kemerahan ini jadi salah satu komposisi penting dalam berbagai masakan China. Terutama olahan seafood dan ayam untuk menghilangkan aroma amis dagingnya. Sebagai pengganti, kamu bisa membuat saus campuran dari kecap asin, irisan jahe, dan perasan jeruk nipis. Saus ini juga efektif menghilangkan bau amis, lho!

Mulai saat ini, kita bisa mengolah masakan yang mengandung alkohol namun tetap halal untuk dikonsumsi.
Advertisement
comments