Loading...

Wisatawan Yogya Tersesat di Wonosobo Gara-gara Aplikasi Peta

- 3:50 PM

Soreini.com, Wonosobo - Zain Johansyah, wisatawan asal Yogyakarta mengalami nasib kurang beruntung. Dia bersama rombongan tersesat saat mengikuti petunjuk jalan yang dibaca melalui aplikasi peta di ponselnya.

Dia bersama rekan-rekanya ingin melihat sunrise di Bukit Sikunir, Kabupaten Wonosobo, pada Rabu, 27 Desember 2017. Namun, mereka justru tersesat, mobil yang dikendarainya macet di jalan desa yang sempit dan berlumpur di Desa Sitiharjo Kecamatan Garung, Wonosobo.

Mereka hendak melihat sunrise di Bukit Sikunir, dan sangaja berangkat pada Selasa malam hari agar saat tiba di puncak Bukit Sikunir, pada Rabu pagi harinya.

Akan tetapi, mereka tidak tahu jalan Zain menggunakan applikasi peta yang ada di ponsel pintar miliknya. Tetapi tidak disangka, aplikasi penunjuk jalan justru mengantarkannya ke jalan tanah yang sempit hingga tidak bisa memutar balik.

Bingung dengan kondisi yang dialaminya, Zain kemudian menghubungi polisi Wonosobo menggunakan nomor call center Polres Wonosobo. Polisi kemudian meresponnya dan diminta untuk membagikan lokasi ia berada. Polisi bersama warga datang menolongnya.

Jalan setepak di desa itu, begitu sempit dan hanya bisa dilalui satu mobil saja, dan itupun bukan jalan beraspal ataupun berbatu, namun benar-benar jalan tanah berlumpur. Di kanan dan kiri jalan itu hanya tebing dan jurang serta tanaman tegalan.

"Mobil kemudian didorong mundur oleh polisi dan warga sekitar, karena tidak ada tempat putar balik," kata Paur Humas Polres Wonosobo, Bripka pada Rabu, 27 Desember 2017 seperti dikutip Soreini.com dari laman detik.

Menurut keterangan warga setempat, kejadian seperti itu, bukan kali pertama. Sebelumnya, beberapa wisatawan yang hendak ke Sikunir juga tersesat di Desa Sitiharjo Kecamatan Garung Wonosobo.

Nanang mengimbau wisatawan agar tidak percaya sepenuhnya pada aplikasi tersebut, karena kondisi geografis Wonosobo yang berbukit-bukit membuat sinyal ponsel terganggu.

"Lebih baik tanya sama petugas polisi yang berjaga. Karena untuk libur panjang ini 2/3 anggota ditugaskan untuk berjaga di berbagai titik," ujarnya mengingatkan.
Advertisement
comments

Featured