Loading...

Seorang Insinyur NASA Membongkar Fluidised Bed Technology Menjadi Permainan Myenyenangkan

- 10:16 PM


Soreini.com, Mark Rober seorang insinyur NASA mengimplementasikan Fluidised bed technology menjadi permainan menyenangkan, ternyata ide cemerlang Rober yang ia unggah di youtube mampu mengundang ratusan ribu pemirsa youtube.

Setelah meninggalkan pekerjaannya di Laboratorium Propulsi Jet organisasi, Rober beralih menjadi vlogger melalui sebuah channel DIY yang cukup menarik.

Salah satu video terbarunya adalah Fluidised bed technology merupakan sebuah teknologi yang merubah pasi padat menjadi cair seperti sup kental ia gunakan untuk bersenang-senang bersama keponakannya.

Dalam video tersebut memperlihatkan sebuah kolam yang penuh dengan pasir, namun pasir tersebut berubah menjadi pasir cair dengan menerapkan teknologi  Fluidised bed
"sebuah fenomena fisik yang terjadi ketika sejumlah zat partikel padat ditempatkan di bawah campuran cairan untuk berperilaku sebagai fluida." Dengan kata lain, sejumlah besar zat padat dan kecil diubah menjadi cairan.

Jika kita mempelajari Fluidised bed akan terkesan rumit dan sulit, namun melalui video yang dibuat oleh Rober menjadi sederhana dan mudah untuk kita praktikkan.

Cara Membuat Pasir Cair (Fluidised Bed Technology) Dengan Mudah

Kita hanya membutuhkan wadah pasir dengan volume wadah tersebut dan pipa PVC, untuk menggerakkan pasir cukup menggunakan kompresor udara.






Saat udara bertiup dari dasar wadah, akan meningkatkan ruang antara partikel pasir individu. Gesekan berkurang,  sehingga menyebabkan partikel bergerak bebas. Bisa kita ibaratkan seperti mainan air hockey yang biasa kita temui di arena bermain anak.

Rober ingin membangun bak mandi cair untuk waktu yang lama. Dia menjelaskan bahwa konsep itu bukanlah hal yang baru, namun ia melakukan sedikit modifikasi, menurut Rober jika kita browsing di internet mengenai teknologi tersebut akan menjadi sangat rumit.

Meski metode yang ia terapkan simpel perlu diketahui sebelum menemukan cara tersebut rober mengalami 25 kali kegegalan. Namun percobaan yang ia lakukan membuahkan hasil yang sempurna, ia berhasil membangun kolam pasir cair yang bisa ia gunakan bermain bersama keponakanya. Seperti apa videonya, langsung simak saja (Sumber, Mark Rober Cahanel)



Advertisement
comments

Featured