Loading...

Inilah 11 Ciri Orang Jenius, Jangan-Jangan Kamu Termasuk

- 11:33 AM

Soreini.com, Kecerdasan seseorang sering kali dikaitkan dengan prestasi akademik. Kecerdasan meliputi beberapa aspek, seperti misalnya, kecerdasan verbal, kecerdasan musikal, kecerdasan spasial dll.

Seseorang bisa dikatakan bodoh dalam bidang tertentu, namun ia cukup padai dalam bidang lain, misalnya Alva Jonatan seorang dewa overclocking Indonesia, ia sangat jenius dalam bidang overclock bisa jadi dia tidak pandai membuat desain rumah, akuntansi atau yang lainya.

Banyak orang-orang yang jenius dia dianggap bodoh oleh masyarakat, meski segala sesuatau bisa dipelajari orang jenius cenderung fokus pada bidang yang ia geluti sehingga tak jarang masyarakat mengklaim dirinya bodoh.

Dilansir soreini.com dari Newheathadvisor, beberapa orang jenius memiliki kesamaan perilaku dalam penelitian tersebut menemukan 11 kesamaan perilaku, dari 11 perilaku tersebut bisa menjadi indikasi jika orang tersebut adalah jenius.


Berikut ini adalah ciri-ciri orang jenius:

1. Lebih Aktif di Malam Hari



Para peneliti telah menemukan bahwa orang-orang yang bekerja secara efisien pada malam hari memiliki kecerdasan yang lebih tinggi daripada mereka yang aktif saat hari masih terang. Orang dengan kecerdasan tinggi lebih suka bekerja pada malam hari. Ketika orang lain tidur, mereka dapat membaca buku atau belajar alat musik. Bahkan tidak jarang untuk memenuhi rasa ingin tahunya orang jenius memilih untuk bekerja atau mempelajari sesuatu daripada tidur.

2. Terlihat Aneh



Saat orang diberi predikat introvert atau pendiam, bisa jadi ia memiliki skor yang tinggi saat tes intelegensi. Hal ini karena orang cerdas umumnya lebih menyadari fakta bahwa mereka bisa salah, dan karena itu tetap bodoh untuk menilai situasi. Mereka tidak akan berbicara sampai mereka menemukan jawaban yang sempurna. Saat tidak ada yang lebih untuk dibicarakan, mereka akan tetap diam untuk menghindari percakapan sia-sia.

3. Bisa menyelesaikan masalahnya sendiri
Orang-orang cerdas biasanya menghadapi masalahnya sendiri. Mereka tidak akan pernah berlarut-larut dalam kesulitan dan selalu dapat menemukan cara untuk menyelesaikannya. Ketika masalah muncul, mereka dapat menangani masalah ini dengan mudah sebelum hal-hal di luar kendali terjadi. Sebenarnya, orang-orang dengan tingkat intelegensi tinggi sangat terbuka dengan tantangan.

4. Punya Teman Yang kreatif dan juga cerdas



Salah satu tanda-tanda Anda termasuk salah satu orang dengan tingkat kecerdasan yang tinggi, lihatlah siapa orang-orang di sekitar Anda. Orang pintar akan selalu bergaul dengan orang-orang seperti mereka. Jika saat ini Anda berada di industri kreatif, maka Anda pasti termasuk salah satu orang cerdas.

5. Perfeksionis
Rasa ingin tahu dan menjaga kualitas pekerjaan terkadang terbawa dalam kehidapan sehari-hari, Orang jenius selalu ingin meningkatkan perbaikan dirinya, dan memperhatikan hal-hal mendetil untuk mencapai kesempurnaan.

6. Selalu Kritis pada diri Sendiri
Tanda lain dari kecerdasan yang tinggi adalah saat Anda selalu keras pada diri sendiri. Ketika membuat kesalahan, Anda selalu menerima kesalahan Anda dan tidak takut untuk dikritik. Kemampuan untuk mengenali kesalahan dan kemauan untuk memperbaiki masalah tersebut dapat menunjukkan bahwa Anda adalah orang yang cerdas.

7.  Ingin Informasi Lebih
Mereka tidak pemilih pada informasi, tetapi umumnya akan mendamba informasi di semua bidang. Mereka peduli tentang segala sesuatu di dunia ini. Bagi mereka, mereka dapat belajar dari informasi sekecil apapun dan memperbaiki diri selangkah demi selangkah. Biasanya pada saat ingin tahu sebuah informasi, orang jenius akan menggali sampai dalam, bahkan tak jarang akan mencari referensi dari beberapa sumber.

8. Membuat Dirinya Sibuk
Anda harus memahami bahwa orang-orang cerdas tidak akan pernah merasa bosan. Mereka sering memiliki lebih dari satu proyek untuk bekerja. Proyek-proyek ini tidak seperti tugas di sekolah atau pekerjaan yang wajib tetapi pada tugas yang bisa membuat dirinya lebih baik, seperti belajar bahasa baru, mengambil kelas menari atau belajar keterampilan berkuda. Orang-orang cerdas selalu memanfaatkan waktu luangnya dengan baik.

9. Tidak Berpikir Dirinya Lebih Pintar dari yang Lain
Sementara orang-orang dengan kompetensi rendah menganggap dirinya cerdas di antara teman-teman dan rekan-rekan mereka, orang-orang dengan kecerdasan tinggi selalu berpikir mereka sama seperti orang lain di sekitar mereka. Mereka tahu banyak, karena itu mereka dapat menyadari bahwa ada ruang untuk meningkatkan dan mereka tidak puas dengan pengetahuan mereka saat ini.

10. Orang Kidal
Kita bisa melihat bahwa orang kidal terkenal akan kecerdasannya. Penelitian telah menunjukkan bahwa orang kidal cenderung memiliki pemikiran berbeda yang menunjukkan tingkat kecerdasan yang tinggi. Biasanya, sisi kiri otak akan mengontrol sisi kanan tubuh, dan sebaliknya. Oleh karena itu orang kidal dapat sama-sama menggunakan mereka kedua sisi otak, sehingga mereka dapat menginterpretasikan informasi lebih cepat dan lebih efektif.

11. Suka Menggambar Acak Acakan/Doodling
Tanda-tanda kecerdasan yang tinggi sering dapat diamati dalam kehidupan sehari-hari. Jika Anda termasuk Jika Anda menemukan diri Anda terus menerus menuangkan ide-ide dalam bentuk bergambar, itu tandanya Anda adalah seseorang yang jenius. Jenius memiliki kecenderungan untuk menempatkan ide-ide dalam bentuk yang mudah dipahami melalui corat-coret.

Jika anda termasuk orang yang memiliki 11 ciri diatas, sebaiknya anda gali lagi, tidak menutup kemungkinan anda adalah orang jenius.
Advertisement
comments

Featured