Setelah di Isolali Selama Satu Minggu, Pria ini Mengalami Efek yang Berbahaya

- 1/12/2018

Soreini.com, Manusia merupakan makhul sosial, oleh karena itu manusia membutuhkan interaksi sosial. Hal ini dibuktikan melalui sebuah eksperimen sosial sederhana yang dinamai The Loneliness Project, ternyata kesepian bisa mematikan.

Sebuah tantangan yang diambil oleh seorang pria bernama Joe untuk menghabiskan waktu selama satu minggu dalam isolasi tanpa interaksi sosial, tanpa media sosial. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui kelompok lanjut usia menderita kesepian dan bagaimana kehidupan sendiri mereka mampu merusak kebahagiaan mereka.


"Dan itulah mengapa kami membuat film ini. Untuk menunjukkan orang sebanyak mungkin dampak kesepian dan isolasi - tapi juga betapa mudahnya solusi bisa terjadi.
Dan bagaimana kita semua bisa menjadi bagian dari solusi itu. Karena kesepian adalah urusan semua orang.
Tidak ada yang harus kesepian di usia yang lebih tua. Kami percaya bahwa kesepian tidak bisa dihindari. Orang-orang dari segala umur membutuhkan koneksi yang penting. "

Setelah seminggu terisolasi, Joe merasa tidak tahan hidup sendirian tanpa ada yang bisa diajak bicara, bahkan di telepon sekalipun.

Dalam dokumentasi penelitian tersebut terlihat Joe dikunci sendirian selama seminggu di rumah tanpa ada telepon, tablet atau komputer yang bisa digunakan untuk terhubung ke media sosial. Dia tidak diizinkan meninggalkan rumah, ia berjuang keras untuk melawan kesepian.

Setelah minggu diisolasi, yang hampir membuat Joe gila, sampai akhirnya dia bisa bertemu dengan seorang tetangga bernama Barry, 84, yang telah tinggal sendiri sejak istrinya Christine meninggal pada tahun 2015. Orang tua itu menceritakan pengalamannya:

"Kesepian itu seperti kesedihan; itu mencekik Setelah istri tercinta saya Christine tiba-tiba meninggal, saya merasa hanya setengah hidup. Saya merasa lumpuh karena kesepian.

Dengan membicarakannya lebih banyak, kita bisa menghancurkan stigma yang menghalangi banyak orang tua untuk bersikap terbuka tentang kesepian.

Kebutuhan manusia untuk persahabatan dan dukungan tidak hilang seiring bertambahnya usia; itu benar-benar meningkat Entah kita berumur 24 atau 84, kita semua butuh koneksi yang penting. "

Di Inggris, diperkirakan ada 1,2 juta penderita loneliness kronis. Dan menurut penelitian, orang-orang ini rentan terhadap efek yang serupa dengan yang disebabkan oleh obesitas atau tekanan darah tinggi. (Youtube, Campaign to End Loneliness)


Advertisement
comments