Perpustakaan Dengan Desain Futuristic, Sayang Banyak Buku yang Palsu

- 12/26/2017

Soreini.com, Sebuah perpustakaan Binhai Tianjin yang baru dibuka ini langsung menjadi viral hal ini karena desainnya yang futuristic dan sangat besar. Pada saat gambar interior perpustakaan tersebut tersebar di Internet ternyata mampu mengundang banyak pengunjung, terutama pada akhir pekan.

Namun, laporan mengklaim bahwa banyak buku di dalam Perpustakaan Tianjin sebenarnya palsu. Hal ini membuat kecewa para pengunjung yang berekpektasi melihat desain perpustakaan yang dipenuhi buku dengan desain futuristik.



Perpustakaan dirancang seperti mata, dengan auditorium sferis, yang berfungsi sebagai iris, di pusat. Di sekitar "iris" adalah rak bertingkat yang terlihat seperti buku-buku berisi. Tapi ternyata, banyak yang tidak asli. Beberapa rak bertingkat di atrium memiliki barisan dan deretan buku palsu, atau piring aluminium yang dilukis agar terlihat seperti duri buku.



Menurut AFP, sebagian besar buku, yang sebenarnya, terletak di dalam ruangan yang memiliki rak buku lebih klasik. Jadi, tampaknya rak-rak putih yang mengesankan dan ramping dari atrium itu hanya untuk tujuan estetika dan tidak benar-benar untuk menampilkan buku.

Menurut laporan tersebut, MVRDV menjelaskan pada saat perangcangan semua rak bertingkat tersebut dibuat supaya bisa mengakses semua buku, namun karena pembangunan dipercepat diputuskan untuk memasang buku palsu. Namun Liu Xiufeng, deputi direktur perpustakaan, menyalahkan rancangannya.

Pejabat tersebut mengatakan bahwa rencana akhir yang disetujui tersebut menyatakan bahwa atrium akan digunakan untuk sirkulasi, duduk, membaca, dan diskusi, namun tidak berisi permintaan untuk menyimpan buku di rak. Liu mengatakan: "Kita hanya bisa menggunakan aula untuk keperluan yang telah disetujui, jadi kita tidak bisa menggunakannya sebagai tempat menyimpan buku." (Sumber Elitereader)
Advertisement
comments