Pengen Mulai Usaha UKM Dengan Modal Kecil? Berikut 7 Ide Usaha Dengan Modal Kecil

- 11/21/2017

Soreini.com, Bagi seseorang yang pertama kali ingin menjalankan usaha sebaiknya dimulai sesuai dengan batas kemampuan, sekalipun kita memiliki modal lebih ada baiknya jika dilakukan secara terukur.

Banyak pelaku yang memulai usaha dengan modal besar dan berhasil, namun hal tersebut terlalu berisiko. Bagi kita yang ingin memulai usaha dengan modal terbatas bukan menjadi alasan untuk menunda.

Mengawali usaha dari modal kecil nantinya bisa dikembangkan dengan pengelolaan yang baik, atau mengembangkan usaha UKM anda dengan program bantuan pemerintah.

Cara Mendapatkan Bantuan Modal Usaha Pemerintah untuk UMKM
Dikirim oleh soreini.com pada 21 November 2017


Berbekal dengan modal usaha yang sangat minim bisa di ibaratkan sseperti memancing ikan dengan umpan yang sedikit, namun harus berhasil mendapatkan ikan di perairan luas dengan pemancing lainya.

Berikut ini beberapa usaha kecil rumahan yang bisa kita lakukan:


1. Jualan kue gorengan sebagai usaha rumahan

Dengan modal minim menjual gorengan atau kue memiliki potensi yang baik, dengan melihat kebiasaan masyarakat kita yang senang makanan kecil sebagai camilan, gorengan atau kue sering dilirik pada pagi hari atau sore hari.

Modal yang digunakan untuk usaha ini terbilang sangat murah dan terjangkau, alat yang digunakan biasanya sudah tersedia dirumah, kita hanya butuh membeli bahan-bahan untuk membuat. Usaha ini membutuhkan modal lebih jika belum memiliki lapak seperti gerobak atau meja..

2.Usaha minuman coklat dan jus buah buahan

Saat ini sudah banyak gerai minuman yang menjajakan khusus menu berbagai jenis minuman dingin atau hangat dengan sensasi rasa coklat yang divariasikan dengan keju, selai, atau beragam topping lainnya.

Begitu juga dengan gerai kecil yang menyediakan berbagai minuman jus buah dengan harga yang sangat terjangkau di kantong anak anak sekolah.

Usaha modal kecil seperti ini banyak juga yang dijalankan dengan sistem franchise atau waralaba dan sangat potensial jika anda bisa menemukan lokasi yang tepat dan strategis seperti di area sekolah maupun area tempat wisata.

Namun tidak sedikit pula mereka yang suskses menjalankan usaha ini dengan menyewa tempat di depan supermarket atau di sekitar area perbelanjaan lainnya.

3. Jualan mainan anak anak di sekolah

Salah satu jenis usaha dengan modal kecil yang sering diabaikan oleh banyak orang adalah menjual mainan anak-anak didepan sekolah. Kebanyakan orang untuk memulai usaha lebih melihat pada ambisi dengan peluang yang belum terukur.

Dengan modal belanja di grosir mainan anak yang cukup murah bisa kita jual dengan margin yang besar, selain itu mainan anak dengan membidik lokasi di depan sekolah merupakan tempat berkumpulnya calon pembeli.

Berbeda dengan orang dewasa anak-anak lebih emosional unruk membelanjakan uang jajannya, karena anak-anak mereka sangat haus untuk mengembangkan kreativitasnya yang seharusnya didukung oleh orang tua jaman sekarang, karena rata-rata anak lebih sibuk dengan gadget.

Modal usaha ini tergolong sangat kecil dan keuntungannya bisa berlipat apabila anda belanja atau kulak dagangan mainan anak anak langsung dari grosir dengan cara tidak membeli satuan melainkan perbox atau paket.

Kemudian dijual dengan harga eceran yang mana per item mainan minimal adalah kisaran seribu sampai 5 ribu rupiah, sedangkan modal untuk belanja per box dengan isi mainan yang sangat banyak bisa anda peroleh dengan harga yang tentunya akan jauh lebih murah.

4. Makanan Beku Pree Order

Usahan makanan memiliki margin yang cukup besar, jika kita tidak memiliki banyak modal bisa melalui marketing online dengan menggunakan sosial media, seperti yang dijalankan oleh seorang guru TK dengan modal 100 ribu sampai bisa membeli pendingin kusus untuk menampung orderan yang semakin banyak.

Emma Noviana Hanya sekedar menjalankan hobi, guru TK ini memiliki usaha sampingan https://goo.gl/5xUV6m
Dikirim oleh soreini.com pada 17 November 2017

5. Usaha warung kopi sederhana keuntungan luar biasa

Peluang usaha dengan modal kecil selanjutnya adalah membuka warung kopi sederhana jika anda memiliki target lokasi yang sangat ideal dan cocok dengan jenis usaha ini. Minimal ialah tempat yang dekat dengan keramaian seperti pasar, terminal, atau sekitar pangkalan ojek dan tempat yang banyak orang berlalu lalang lainnya.

Rata rata harga jual satu cangkir kopi hitam yang biasa di jajakan di warung pinggiran terminal, warung tenda dan tempat nongkrong sederhana cuma berkisar antara 2 ribu sampai tiga ribu rupiah saja.

Sedangkan modal untuk membuat satu cangkir kopi jika di analisa secara matematis tidak akan lebih dari seribu sampai seribu lima ratus rupiah per gelasnya.

Keuntungan maksimal 50% tentunya akan sangat mudah didapat setelah di perhitungkan dengan pengeluaran lain seperti, biaya bahan bakar gas untuk merebus air, sabun cuci gelas, dan jangan lupa sisihkan untuk menutup pengeluaran modal awal lainnya secara berkala.

Sudah umum jika usaha warung kopi selalu dikombinasikan dengan berjualan menu jajanan atau makanan ringan seperti kue gorengan atau bahkan berjualan nasi dengan menu yang relatif sederhana untuk menambah pundi pundi penghasilan.

Selanjutnya bisa anda simak lebih lengkap mengenai ulasan tentang strategi memulai bisnis kecil membuka warung kopi sederhana di rumah


6. Menjalankan bisnis musiman dengan modal kecil untung besar

Usaha dagang musiman ini cukup menggiurkan bagi orang-orang yang pandai membaca peluang, seperti menjual bendera menjelang HUT RI, menjual terompet tahun baru, dan lain lain. Modal yang dikeluarkan cukup variatif, namun omset dan margin yang diperoleh cukup besar.


7. Usaha Angkringan Melalui Sistem Kemitraan

Jika anda hanya memiliki modal 2 juta atau mungkin 1 juta, memulai usaha angkringan dengan sistem kemitraan bisa menjadi pilihan. Sistem kemitraan memberikan semua fasilitas dari gerobak, tenda teko dan sebagainya sengan sewa harian, jika usaha angkringan yang kita kelola berjalan lancar, pada batas waktu tertentu semua aset yang kita sewa bisa menjadi milik kita.

Mau Usaha Tanpa Modal? Anda Bisa Usaha Angkringan Dengan Sistem Ini
Dikirim oleh soreini.com pada 21 November 2017



Dengan modal terbatas tidak boleh dijadikan alasan untuk menunda usaha yang akan kita jalani, namun dibutuhkan niat dan kreatifitas untuk memulai usaha dengan modal berapapun. (https://centrausaha.com)
Advertisement
comments