Membuat Website atau Toko Online Murah Untuk Usaha Kecil


Soreini.com, Tuntutan untuk memperluas pasar mendorong kita sebagai pelaku usaha harus memasarkan produk secara online dan offline, bagi seorang pengusaha kecil atau menengah untuk memenangkan persaingan harus memasarkan produknya secara offline dan online.


Salah satu sarana memasarkan melalui internet adalah dengan membuat website, atau toko online. Sebelum melakukan pembuatan website untuk memperluas pemasaran ketahui dulu pertanyaan berikut:

Membuat website itukan mahal?
Betul sekali, membuat website itu mahal oleh sebab itu kita bisa membuat yang sederhana, dan murah. Bahkan jasa pembuatan web murah sekarang ada banyak.

Marketing onlinekan bisa lewat medsos, buat apa buat websiteb segala?
Sangat benar, medsos memiliki kekuatan luarbiasa untuk berpromosi, namun perlu diketahui, web berbeda dengan medsos dan keduanya saling berkaitan.

Perbedaan medsos dan web adalah:
Promosi melalui medsos seperti halnya seorang penjual sate kebetulan lewat disekumpulan orang banyak, awalnya tidak ada niat beli sate salah satu dari mereka jadi ingin beli sate.

Sedangkan web seperti menjual sate diwarung atau restoran. Calon pembeli datang memang karena ingin makan sate, dan pengunjung datang atas petunjuk dari mesin pencari.

Untuk membuat website yang murah dan mudah kita bisa memanfaatkan CMS (Conten Management System) Gratis

Berikut ini CMS atau Web Instan yang mudah dan gratis:

Prestashop

Prestashop merupakan cms yang dirancang khusus untuk toko online canggih, untuk proses pembuatannya terbilang tidak mudah bagi pemula, namun untuk toko online prestashop menawarkan fitur-fitur bagus untuk membuat toko online, dari kurs mata uang, program promo, foto produk berupa slide dll.

Biaya yang dibutuhkan untuk membuat web dengan prestahop berkisar Rp. 450.000, dengan rincian:
1. Domain berkisar Rp. 150.000 pertahun (jangan gunakan domain gratisan untuk usaha seperti .tk .ml ) 
2. Hosting dengan CPanel mulai dari Rp.300.000 pertahun tergantung paket hosting yang kita butuhkan.

Wordpress

Wordpress sangat bagus untuk membuat web personal, selain itu banyak developer yang mengembangkan fitur-fitur wordpress dalam bentuk plugin yang mudah digunakan. Bukan hanya untuk profil usaha saja kita bisa membuat toko online dengan menggunakan wordpress.

Bagi pemula budget yang dibutuhkan untuk membuat website dengan wordpress sebagai berikut:
1. Domain berkisar Rp 150.000 pertahun (kita bisa pilih sesuai kebutuhan .com .net .co )
2. Hosting, hosting sebagai tempat penyimpanan data website diserver sehingga bisa diakses orang sangat banyak pilihan paket, untuk pemula kita bisa menggunakan wordpress hosting yang menyediakan fitur dengan harga mulai dari Rp 25.000 per bulan

  • Resource limit yang jauh lebih besar
  • Setting dan penginstallan WordPress yang lebih mudah (setup tools/control panel khusus)
  • Auto update engine, plugin, dan theme
  • Auto backup
  • Keamanan yang lebih terjamin (virus & malware protection)
  • Free premium theme/plugin (tidak semua penyedia hosting memberikan fitur ini)
Jika kita akan membuat website sendiri dengan wordpress biaya yang harus disiapkan sekitar Rp. 450.000 / tahun. Jika mengguakan jasa pembuatan web wordpress dari Rp. 400 ribu hingga Rp. 1.500.000.

Cara Mendapatkan Bantuan Modal Usaha Pemerintah untuk UMKM
Dikirim oleh soreini.com pada 15 November 2017

Blogspot

Banyak beranggapan jika blogspot merupakan situs murahan, citranya kurang bagus namun siapa yang menyangka jika website yang sedang anda baca sekarang menggunakan blogspot, namun domain yang digunkan domain berbayar. Soreini.com memilih menggunkan blogspot karena tidak perlu menyewa hosting, dan trafik pembaca per menit belum mencapai 1000 viewer.

Selain itu blogspot mudah untuk dipelajari oleh pemula yang ingin memiliki web untuk usaha yang digeluti. Bahkan kita juga bisa membuat toko online dengan blogspot

Biaya yang dibutuhkan untuk membuat website UKM dengan blogspot adalah Rp. 150.000 pertahun saja.



Terimakasih telah membaca soreini, silahkan tinggalkan komen

Click to comment