Gadis ini Mampu Mengidentifikasi Warna Melalui Indra Penciuman



Soreini.com, Sewajarnya sebuah warna diindetifikasi dengan penglihatan, namun gadis 11 tahun ini mampu mengetahui sebuah warna melalui penciumananya.

Deepti Regmi, gadis 11 tahun asal Nepal ini baru menyadari kemampuan unik yang dimiliki sekitar satu tahun lalu.  Dengan mata tertutup, ia mencium sebuah benda, setelah itu ia dapat memberitahu warna benda tersebut.

Kemampuan aneh yang dimiliki Deepti ini mungkin sulit didefinisikan, namun pada prinsipnya ia mampu mengaktifkan syaraf sensoriknya, fenomena ini dikenal dengan istilah synaesthesia.

Apakah Synaesthesia itu?

adalah kondisi dimana persepsi seseorang “tercampur”. Melihat angka disertai warna, mendengar musik disertai warna, atau tekstur benda tertentu menciptakan “rasa di lidah” yang berbeda. Dan semua ini bukan imajinasi, tetapi benar-benar dirasakan.

Sementara Deepti bisa mencium bau, ada pula yang bisa memvisualisasikan warna,  apa yang mereka lihat hanya dengan mendengarkan musik, atau bagaimana seseorang bisa mencicipi rasa tertentu hanya dengan mendengar suara tertentu.

Bukan hanya sekedar mengidentifikasi warna, ia juga mampu merasakan huruf-huruf yang terdapat pada kertas koran.



Puskar Nepal menuliskan ia bisa membaca cetakanya dengan mengusap jarinya pada objek tersebut,
“Saya memeriksa penutup mata untuk memastikan bahwa dia tidak dapat melihatnya. Saya benar-benar takjub bahwa dia bisa mencium warna dan merasakan font dengan jarinya dengan sangat mudah. ​​” Puskar dengan rasa heran.

Terimakasih telah membaca soreini, silahkan tinggalkan komen

Click to comment