Cara Promosi Usaha UKM Melalui Internet


Soreini.com, Untuk menghadapi persaingan dalam memasarkan produk, pelaku usaha diharuskan melakukan kampanye sebanyak-banyaknya.

Era online ke offline, offline ke online

Perkembangan teknologi mendorong pengusaha offline untuk mengonlinekan produknya, sebaliknya pengusaha online juga mulai membuka kantor atau workshop-nya. Jika kita ingin menang dalam persaingan, sudah seharusnya untuk menjangkau kedua metode pemasaran tersebut.

Kita sebagai pelaku usaha kecil atau menengah yang menjalankan usaha secara offline saja, sudah saatnya untuk melakukan promosi secara online. Bagaimana saja cara untuk melakukan promosi secara online?

Berikut ini Cara Melakukan Promosi Online:

Marketplace

Marketplace merupakan cara melakukan promosi yang sangat murah, bukan hanya pelaku usaha, bahkan seseorang yang ingin menjual barang lama-nya dengan cepat juga memanfaatkan marketplace untuk beriklan, berikut ini daftar marketplace yang cukup baik untuk beriklan :

tokobagus.com
berniaga.com
bukalapak.com
tokopedia.com
FJB kaskus
olx.co.id
jualo.com .

Sosial media

Sosial media memiliki fungsi yang berbeda dengan marketplace, sosial media bisa diibaratkan seperti seorang tukang bakso lewat ditengah rombongan orang yang sedang duduk-duduk, yang awalnya mereka tidak ingin membeli bakso karena melihat penjual bakso lewat maka beberapa dari rombongan tersebut memutuskan untuk membeli.
Selain itu sosial media juga berfungsi untuk melakukan komunikasi dengan pelanggan anda. Untuk berpromosi melalui sosial media gunakan sosmed yang paing banyak digunakan oleh orang dengan segmen produk.

Website

Jika medsos seperti penjual bakso yang mangkal dikeruman orang, website akan mengarahkan pelanggan yang membutuhkan produk kita melalui mesin pencari. Untuk berpromosi melalui web atau blog, tidak secepat melalui medsos atau marketplace, namun website memiliki fungsi sebagai sumber informasi lengkap tentang usaha dan produk kita, dengan demikian jika ada pertanyaan pelanggan kita bisa langsung mengarahkan ke website pada halaman yang ia butuhkan informasi detailnya. Selain itu website dengan tampilan yang bagus akan lebih meyakinkan pelanggan jika usaha yang kita kelola ini benar-benar serius melayani secara online.


Cara Berpromosi Online yang Baik Perhatikan Hal Berikut

Deskripsi Produk.
Lapak yang bugus harus bisa mendeskripsikan produk dengan jelas dan mudah dipahami, seperti misalnya kita menjual laptop, jelaskan merek, type, spek, berat, dll.

Foto
Pastikan foto yang anda pasang bagus dan detail, jangan berlebihan, atau sebalinya foto yang jelek. Seorang pelanggan akan berubah pikiran jika foto yang kita tampilkan jelek, namun jika foto yang tampil terlalu berlebihan pelanggan akan komplain karena tidak mendapatkan barang sesuai dengan gambar.

Profil Usaha Anda
Hal ini sering diabaikan oleh beberapa pengguna marketplace, profil perusahaan mampu menyakinkan seseorang bahwa lapak yang dikunjungi oleh calon pembeli itu bukan fiktif , selain itu pelanggan akan lebih yakin dengan melihat profil sebagai data bahwa kita memiliki pelayanan yang bagus.

Alamat Usaha
Bagi pelaku usaha offline tidak akan kesulitan memberikan alamat usaha atau workshop, karena kadang pembeli hanya butuh informasi dan ingin bertransaksi offline.

Kontak
Kontak buakan hanya jelas, namun cantumkan kontak yang bisa diakses oleh semua pengguna, misal wa, bbm, telp dll

Cara Pemesanan dan Cara Pembayaran
Jelaskan cara pemesanan, sehingga jika seorang calon pembeli berminat mereka akan segera memutuskan untuk membeli produk anda.

Testimonial
Untuk meyakinkan calon pelanggan lain, cantumkan testimoni untuk meyakinkan jika kita memiliki produk dan pelayanan yang bagus.




Terimakasih telah membaca soreini, silahkan tinggalkan komen

Click to comment