Maksimalkan Kinerja Komputer Anda Dengan Menggunakan SSD


Soreini.com, Sebuah perangkat utama komputer yang berfungsi untuk menyimpan data secara umum. Perangkat utama hardisk adalah sebuah kepingan keras yang memiliki fungsi read atau write.

Pada tahun 1961, IBM menciptakan HDD (Hard Disk Drive) dengan menggunakan head yang terpisah dalam setiap komponen, yang hanya mampu menyimpn sebanyak 2 juta karakter, melalui proses pengembangan, kini HDD mampu menyimpan data hingga lebih dari 1 Tera serta proses yang lebih cepat.

Kini teknologi HDD mulai terkikis dengan sebuah teknologi SSD (Solid State Drive), berbeda dengan hardisk yang menggunakan kepingan keras sebagai penyimpan data, SSD menggunakan serangkaian  IC sebagai memori yang berfungsi untuk menyimpan data.


Apakah SSD itu?

SSD adalah sebuah perangkat penyimpan data yang menggunakan IC sebagai komponen utama, perangkat SSD menanamkan ship memeori yang berbasis silikon yang memiliki fungsi read dan write, SSD juga disebut dengan flash drive atau kartu flash.

Banyak orang yang menganalogikan SSD seperti halnya versi canggih dari flasdisk atau USB flash dengan kapasitas yang jauh lebih besar.

Perbandingan HDD vs SSD

SSD memiliki shock resistant lebih tinggi dibanding HDD


Komponen SSD HDD
Daya 2-3 watt 6-7 watt
Harga Lebih Mahal Untuk Kapasitas Lebih Kecil Lebih Murah Untuk Kapasitas Besar
Kapasitas Notebook Kurang dari 1T
Desktop Max 1 T
Notebook Hingga 2 T
Desktop Hingga 6 T
Waktu Booting 10 - 13 Detik 30 - 40 Detik
Noise Tidak menghasilkan bunyi Terdaat bunyi putaran disk dan komponen lain
Getaran Tidak ada getaran Ada getaran
Panas  Lebih Dingin Menimbulkan Panas
Failure Rate  2.0 Juta Jam 1.5 Juta Jam 
Kecepatan Baca/ Tulis  220 MB/s - 550 MB/s  50 MB/s - 120MB/s
Enkripsi (kode sandi)  FED (Full Disk Encryption)   FED (Full Disk Encryption)































Jadi bagi anda yang ingin memiliki komputer dengan kinerja yang lebih maksimal dan tidak terlalu mementingkan jumlah kapasitas data yang besar, anda lebih tepat dengan menggunakan SSD, dengan kecepatan baca dan tulis, SSD mampu memaksimalkan proses Operating sistem dan software yang kita gunakan. (http://www.ubaya.ac.id)


Terimakasih telah membaca soreini, silahkan tinggalkan komen

Click to comment