Cara Membuat Aqua Scape Sendiri Dengan Biaya yang Relatif Murah


Soreini.com, Mendekorasi ruangan dengan menambahkan aquarium membuat kesan menarik, pada umumnya seseorang akan memilih memelihara ikan hias diaquarium, hal ini sudah terlalu umum dan kurang menarik.

Kini banyak orang beralih ke aquascape, sama memelihara ikan di aquarium, namun yang membuat aquascape lebih unik karena fokus utamanya pada tanaman air, kayu, batu, karang dan benda-benda yang menjadi media tumbuh tanaman, yang membuat aquascape lebih enak untuk dipandang.

Untuk membeli aquascape jadi dengan ukuran 60 x 30 x 40 bisa mencapai 1jt belum termasuk tabung Co2, alangkah baiknya jika kita membuat aquascape sendiri dari proses awal. Selain lebih murah, juga memiliki kepuasan tersendiri.

Sebelum memulai membuat aquascape seperti yang kita inginkan, siapkan beberapa alat dan bahan berikut:

Aquarium 
Kita bisa memanfaatkan Aquarium yang ada
Pupuk
Harga mulai dari Rp 20.000, bisa belanja melalui online
Pasir
Dengan harga mulai Rp.2.500/kg tergantung jenis yang kita inginkan
Bebatuan 
Lebih murah jika kita mau berburu sendiri dari pada membelinya.
Kayu
Untuk kayu lebih mudah beli.
Tanaman 
Sekarang tanaman aquascape banyak dijual mulai harga Rp 700 sampai Rp.50.000-an.
Filter Aquarium 
Biasanya jika kita sudah memiliki aquarium sudah terdapat filter dan pompa, namun jika belum ada harus membeli di toko ikan hias.
Gas Co2 
Gas Co2 adalah bagian yang mahal dari aquascape, karena co2 sangat penting sebagai nutrisi tanaman yang ada didalam aquarium. Harga tabung sekitar Rp.500.000 ukuran 3kg, untuk isi ulang sekitar Rp.100.000.
Diffuser Co2
Selain gas Co2 kita juga harus memasang diffuser Co2 yang berfungsi untuk memecah gas Co2 menjadi gelembung yang sangat halus, sehingga gas Co2 akan larut kedalam air.
Lampu LED Aquarium
Lampu led aquarium sangat banyak jenisnya, kita bisa membeli di toko ikan hias dengan harga mulai dari Rp. 80.000.


CARA MEMBUAT AQUASCAPE

Jika semua alat dan bahan sudah siap, kita bia memulai untuk membuat aquascape dengan cara mudah. Sebelum memulainya pastikan aquarium dalam keadaan bersih.

Malas memcuci akuarium, ditemukan binatang mengerikan

1. LANGKAH-LANGKAH MENDEKORASI DASAR AQUARIUM


Taburkan pasir pada bagian dasar aquarium dengan tingga sekitar 2-3 cm, Usahakan pasirnya membentuk pola lekukan menonjol pada bagian tengahnya dan lebih tinggi di bagian sampingnya. Bagian lekukan itu nantinya akan diisi pupuk sehingga tak akan terlihat dari samping.

2. MEMBERI PUPUK

Masukkan pupuk dengan ketebalan sekitar 2-3 cm, pada saat memberikan pupuk pastikan jangan sampai terkena pada kaca, hal ini bertujuan supaya pupuk tidak terlihat dari luar.

Tapi jika menggunakan jenis tanaman air yang mampu menyerap nutrisi melalui daun, pemberian puuk ini bisa dihilangkan untuk menghemat biaya.

3. TUTUP PUPUK MENGGUNAKAN PASIR

Setelah selesai memberikan pupuk, tabutkan kembali pasir yang bertujuan untuk membuat dasar dari aquascape, kita bisa membuatnya menjadi rata atau tidak rata sesuai dengan keinginan kita.

4. TAMBAHKAN BEBATUAN DAN ASESORIS PENGHIAS


Setelah lapisan dasar selesai, saatnya untuk memasang bebatuan atau aksesoris lainya seperti kayu, sehingga aquascape terlihat lebih menarik.

5. MASUKKAN TANAMAN


Sebelum kita memasukkan tanaman, isi 1/4 aquarium dengan air bersih pastikan pada saat mengisi air tidak merusak dekorasi yang telah kita buat, maka kita harus perlahan pada waktu mengisi air.

Tanam satu persatu tumbuhan yang sudah disiapkan. Perlu diingat bahwa selama proses penanaman ini lakukan juga penyemprotan pada tanaman yang tidak terkena air atau tanaman yang berukuran besar agar daunnya tidak rusak dan layu.

6. ISI DENGAN AIR


Sebelum langkah terakhir dan semua tanaman sudah terpasang pada tempatnya masing-masing, kini tiba saatnya kita untuk mengisi aquascape dengan air. Kurang lebih prosesnya sama dengan yang sebelumnya, masukkanlah air secara perlahan supaya tumbuhan yang sudah dipasang dan tananan pasir tidak menjadi rusak.

Ketika aquascape sudah dirasa penuh, kamu bisa membuang airnya kembali kurang lebih 70% dari jumlah yang ada, kemudian isi lagi sampai penuh. Hal ini perlu dilakukan karena bertujuan untuk membuang beragam zat yang dirasa berbahaya, baik berasal dari batu, komponen di dalam aquascape maupun pasir yang sudah dipasang.

Untuk pertama kalinya, warna air seringkali nampak keputihan atau juga kusam. Nah, kamu tidak perlu mengkhawatirkan hal ini, karena kusamnya warna air merupakan bagian dari proses yang normal.

Nanti kamu akan melihat dengan sendirinya air akan menjadi jernih dalam beberapa hari kemudian, sebab mikroorganisme yang ada sudah bekerja untuk membantu dalam membersihkan air tersebut.

7. GUNAKAN FILTER DAN PERANGKAT PENDUKUNG LAINNYA

Langkah terakhir, susun filter, diffuser co2, dan lampu yang akan dipakai. Filter berguna untuk sirkulasi dan juga menyaring air dari kotoran. Sedangkan co2 dan lampu sangat berguna untuk proses fotosintesis dari tanaman.

Untuk lampu, pastikan hanya dinyalakan tidak lebih dari 8-9 jam perhari. Cahaya yang berlebih akan menumbuhkan koloni alga lebih banyak. Alga diyakini bisa mengganggu pertumbuhan tanaman dan juga membuat air menjadi keruh.
(notepam.com)

Terimakasih telah membaca soreini, silahkan tinggalkan komen

Click to comment