Cara Membuat Kopi Enak dari Berbagai Belahan Dunia


Soreini.com, Sebagai minuman yang paling digemari di seluruh dunia, kopi memiliki perlakuan yang cukup istimewa, hal ini untuk mendapatkan rasa kopi yang paling nikmat selain untuk bisa mendapatkan manfaat dari kopi itu sendiri.

Selain dari jenis kopi, rasa dari kopi juga ditentukan dari cara meraciknya, namun tidak semu orang mengetahui jika cara atau metode dalam pembuatan kopi memiliki banyak cara. Berikut ini cara membuat kopi enak diberbagai belahan dunia :

Drip Method (metode tetes)


Drip coffee atau kopi tetes sering juga disebut dengan metode vietnam, metode ini lumayan membutuhkan waktu yang cukup lama, seperti namanya, metode ini melakukan ekstrak dengan cara menetes sehingga membutuhkan waktu sekitar 6-8 menit. Caranya cukup mudah. Bubuk kopi dimasukkan di vietdrip atau penyaring, lalu isi dengan air panas, setelah itu akan melakukan proses ekstrak dengan sendirinya dengan cara menetes. Meskipun prosesnya agak lama metode ini cukup memberikan hasil yang memuaskan.

French Press


Metode ini cukup efektif dalam mengekstrak kopi. French Press mempunyai nama lain Plunger atau Cafetiere. Selain mudah harga alat pembuat kopi metode french press ini juga terjangkau.

Metode ini mengekstrak dengan cara merendam serbuk kopi, cara pembuatanya cukup tuang kopi kedalam french press coffee maker, Tuangkan air dari teko dengan posisi yang agak tinggi, ini akan menghasilkan gelembung air yang membuat aroma kopi menjadi lebih maksimal, Aduk kopi selama 30 detik – 1 menit. Waktu selama ini akan membuat aroma dan rasa kopi menjadi lebih menyatu dan lebih nikmat, Tekan kopi yang telah diaduk menggunakan tutup French Press secara perlahan, Tuangkan ke dalam cangkir secara perlahan dari posisi mendekati cangkir hingga dinaikkan sampai agak tinggi, Nikmati tanpa gula

Turkish Coffee

Ada yang berpendapat jika turkish coffee ini merupakan metode pembuatan kopi pertama kali, namun diluar hal tersebut melalui proses pemanasan sebanyak tiga kali.

Kopi turki ini digiling dengan alat penggiling manual yang disebut dengan kahve degirmeni, lalu kopi di masukkan kedalam bejana kecil yang disebut dengan librik dan di campur dengan gula dan air. kemudian di panaskan sampai mendidih lalu diangkat, biarkan buik pada kopi turun  lalu di didihkan lagi hingga tiga kali.
kopi turki yang asli cara pemanasanya diatas pasir tjadi bejana tidak langsung terkena api. Atau lebihjelas seperti pada video berikut


Pecolator 

Metode pecolator ini mengekstrak dengan cara penguapan, caranya cukup mudah tinggal masukan gula, kopi, dan air kedalam pecolator, kemudian didihkan, maka kopi akan terekstrak dari uap air yang mendidih.


Espresso

Metode ini merupakan metode paling populer, cara pengekstraksian espresso ini menggonakan mesin yang canggih selain dengan air yang panas juga tekanan yang tinggi, selain memiliki rasa yang enak metode ini cukup cepat. Namun untuk memiliki rasa yang nikmat dibutuhkan kemampuan yang baik oleh sipembuat kopi. Mesin espresso mampu membuat berbagai jenis kopi, espresso, machiato, capucino dan lainya.

Vacuum

Seperti drip coffee, metode ini butuh kesabaran, namun yang membuat unik metode ini adalah mengekstrak dengan diuapkan, untuk membuat kopi dengn metode ini kita meletakan kopi pada bagian atas dan air pada bagian bawah, setelah itu didihkan air maka uap panas akan naik, setelah itu kita menunggu air yang ada diatas tersebut turun kebawah.


Cold Water Method (Metode Air Dingin)

Metode ini sangat ramah untuk penggemar kopi yang sensitif terhadap asam kopi, tapi kelemahan metode ini membutuhkan waktu 12 jam, karena untuk mengekstrak kopi dengan cara ditetesi air.

Neapolitan Flip

Pada dasarnya cara yang di gunakan tidak jauh berbeda dengan Metode Drip dimana sama-sama menggunakan saringan untuk memisahkan ampas kopi. Namun pada Neapolitan Flip ini menggunakan alat untuk menyaring yang berbentuk dua buah tabung pres, pada bagian tengah terdapat saringan yang nantinya akan menjadi pemisah ampas kopi
Cara pembuatan :
Isi saringan yang berada di antara tabung atas dan tabung bawah dengan bubuk kopi, setelah itu isi dan didihkan air pada tabung bagian bawah, kemudian setelah air mendidih, balikan posisi alat tersebut sehingga air pada tabung bagian bawah akan masuk ke tabung bagian atas melalui saringan yang telah di isi dengan bubuk kopi



Single Serve Coffee Machine

Hampir seperti espresso single serve coffee machine ini lebih praktis, kerena kopi sudah dikemas dalam bentuk coffee pod atau beberapa orang menyebutnya dengan kapsul hasilya lumayan
Caranya sangangt gampang tinggal masukan coffe pod pada tempatnya lalu cara pengekstrasianya akan ditembah dengan air panas dengan tekanan tinggi


Instant Coffee (Kopi Instan)

Kopi Instan di sediakan oleh produsen kopi dengan konsep instan, kopi instan sudah sangat familiar bagi kita dan ada beberapa merek yang biasak kita pilih. Namanya instan cara pembuatanya cukup dituang di gelas dan seduh dengan air panas.
Karena praktis kopi instan menjadi pilihan banyak orang, namun banyak juga pra penggemar kopi melakukan eksperimen dengan kopi instan dengan membuat berbagai menu minuman dari kopi instan.

Presso

Presso ini bisa dibilang versi maual dari espresso, proses pengekstrasianya sama, dengan air panas dan tekanan tinggi, namun untuk mendapatkan tekan tinggi kita harus menekan tuas dengan kedua tangan, bahkan untuk membuat steam milk dilakukan dengan cara manua dengan alat tersendiri. Mesin ini cocok digunakan dirumah atau dikantor, karena harganya sangat jauh lebih murah jika dibanding mesin espresso.


Moka pot

alat penyeduh kopi yang berasal dari italia, bila agan suka dengan rasa pekat kopi hitam, alat ini bisa dijadikan cara membuat kopi yang mudah
Cara pembuatan :
Ada tiga bagian  Pot Bawah, Filter , Moca pot
Masukkan air panas kedalam pot bawah
Lalu pasang Filter, isi filter dengan kopi sampai rata atas
Lalu pasang moca pot
Panaskan moca pot diatas kompor
Ketika mendidih uap air akan mengekstrak kopi ke atas

Aeropress

metode Aeropress itu biasanya tidak terjadi Over-Extraction, karena setelah kopi terendam di dalam air sekitar 30-60 detik, kopi tersebut akan langsung ditekan dengan untuk disaring melalui kertas penyaring yang berada di bagian bawah alat tersebut cara kerjanya seperti suntikkan, kalo yang ga terlalu suka kopi yang pekat Aeropress jadi pilihan kopi untuk mereka.

Clever Dripper

Metode ini sangat sederhana seperti kita membuat instan coffee, namun yang membedakan hanya menggunakan alat kusus ini dan sudah terdapat penyaring ampas kopi. hehehe.... teknik ini sama seperti kita membuat java coffee, tapi kalo java coffee kdang di rebus dulu kopinya baru di saring.

cara dan istilah yang berbeda namun ada yang memiliki cara kerja yang sama, itulah cara pembuatan kopi enak di seluruh dunia.

Terimakasih telah membaca soreini, silahkan tinggalkan komen

Click to comment