Bukan Sekedar Gambar Panda, Tapi Panel Tenaga Surya


Soreini.com, Bukan hanya membangun sebuah teknologi hemat energi, China membangun panel pembangkit listrik tenaga surya seluas 250 hektar dengan bentuk panda. Jika warga jogja pernah menghebohkan dunia dengan circle crop.

China berhasil membuat gambar panda namun memiliki fungsi bagi warganya.Seperti kita ketahui panda merupakan binatang khas China sekaligus satwa yang dilindungi karena terancam kepunahan.

China Merchants New Energy Group (CMNEG), salah satu operator energi paling besar China, berhasil membangun pembangkit listrik tenaga surya yang panel-panelnya berbentuk gambar panda raksasa.

Pada tahap pertama, yang meliputi pembangkit 50 MW, telah rampung pada 30 Juni, demikian dilaporkan majalah PV yang dikutip oleh The Independent, Jumat (7/7).

Proyek itu telah mulai menyalurkan listrik ke wilayah China barat laut.

Proyek “ panda” kedua akan rampung dan mulai disalurkan pada akhir 2017 dengan total luas hamparannya panel-panelnya mencapai hampir 250 ha atau tepatnya, 248 ha.

Disebut “ Pembangkit Listrik Panda”, pembangkit akan bisa menghasilkan 3,2 miliar kilowatt per jam energi surya dalam 25 tahun, demikian pihak operator.

Pembangkit skala masif itu untuk menggantikan jutaan ton batu bara yang biasanya digunakan untuk menghasilkan listrik, dan dengan itu dapat mengurangi emisi karbon sebesar 2,74 juta ton.

Seperti diketahui, China memiliki sejumlah tambang batu baru skala besar dan telah menyebabkan kerusakan lingkungan, termasuk jatuhnya banyak korban jiwa akibat ledakan di area tambang.

CMNEG bekerja sama dengan Program Pembangunan PBB (UNDP) untuk mengembangkan “ Pembangkit Listrik Panda” menjadi kenyataan.

China Berencana Bangun Pembangkit Listrik Tenaga Angin 30,83 Gigawatt

(Baca juga: Cadangan Listrik di Negara Bagian Terbesar di Austria 100% Dipasok oleh Energi Terbarukan)

Proyek tersebut merupakan bagian dari usaha yang lebih besar untuk meningkatkan kesadaran di kalangan anak muda di China tentang energi bersih, kata UNDP dalam sebuah pernyataan.

Kelompok tersebut berharap bisa membangun lebih banyak hamparan tenaga surya berbentuk panda di seluruh China dalam lima tahun ke depan. (intsr)

Terimakasih telah membaca soreini, silahkan tinggalkan komen

Click to comment