Mengenal 9 Sambal Khas Nusantara

Soreini.com, Kuliner Indonesia sangat kaya, selain beragam beberapa kuliner khas Indonesia menjadi daya tarik dunia Internasional.

Untuk sambal sebagai saus dengan bahan utama cabai, Indonesia memiliki beragam variasi. Jadi bukan hanya memiliki banyak makanan khas saja namun untuk variasi sambel Indonesia memiliki cukup banyak variasi.


Berikut ini adalah 9 Sambel Khas Indonesia


Sambal Bawang
Seperti namanya sambal bawang, selain menggunakan bahan utama cabai sambal bawang memiliki bahan tambahan bawang. Sambal bawang ada yang menggunakan bawang merah saja, namun ada juga yang menggunkan bawang putih.

Sambal Tomat Hijau
Sambal tomat hijau ini pada umumnya menjadi pendamping untuk ikan rebus atau bakar, namun tidak jarang untuk memenuhi selera makan sambal tomat dimakan

Sambal Korek
Sambal korek awalnya hanya sambal yang dibuat secara dadakan pada saat lauk yang terhidang kurang memenuhi selera, meski pun hanya sederhana namun sambal korek mempu menduduki salah satu variasi sambel khas Indonesia.

Sambal Tomat Goreng
Menikmati sayur asem akan lebih lengkap jika didampingi oleh sambal tomat goreng, namun bukan hanya sayur asem saja, sambal tomat goreng juga cocok untuk pendamping ikan asin. Sambal tomat goreng seperti sambal terasi namun ditambah dengan buah tomat.

Sambal Nenas
Selain memberikan rasa pedas sambal nenas juga menghasilkan rasa segar pada saat dikonsumsi, seperti sambal lainya sambal nenas cocok untuk mendampingi ikan goreng atau ayam goreng.

Sambal Tempe
Sambal tempe bisa langsung dijadikan sebagai lauk, namun sambel tempe juga bisa menjadi pendamping untuk menyantap sayur asem.

Sambal Kecap Manis
Untuk hidangan yang biasa dikonsumsi dengan kecap seperti soto, kecap manis bisa menjadi pilihan untuk memberikan rasa pedas, kecap manis juga tidak jarang dijumpai dimeja makan untuk makanan lain.

Sambal Terasi
Sambal paling populer di Nusantara yang selalu identik dengan pendamping ayam goreng, sambal terasi memberikan aroma khas yang membuatnya digemari oleh banyak orang.

Sambal Cabe Hijau
Sambal cabe hijau ini juga sering disebut dengan sambalado mudo, seperti namanya sambal hijau ini merupakan masakan khas minang, sumatera barat.




Terimakasih telah membaca soreini, silahkan tinggalkan komen

Click to comment