Cara Menggulung Earphone Agar Awet dan Rapi


Soreini.com, Bagi pengguna handsfree atau earphone kerap kali kesulitan dalam merapikannya setelah pemakaian. Permasalahan yang muncul bukan hanya kabel menjadi tidak rapi saja, namun resiko earphone kesayangan kita menjadi gampang rusak.

Sebelum kita bahas cara merapikan earphone dan earphone kita akan bahas apakah perbedaan headset, headphone, earphone dan handsfree, supaya tidak salah dalam memahami artikel ini.

Perbedaan Headset, Earphone dan Handsfree:

Headset
Headset merupakan perangkat audio dimana dua device digabung menjadi satu. Yakni perangkat input (mikrofon/microphone) dan perangkat output (speaker). Mengenai bentuknya sendiri, istilah headset ditujukan untuk perangkat yang lebih besar, dimana bagian speaker hampir menutupi atau bahkan menutupi telinga pemakainya. Hal ini dimaksudkan agar suara yang dihasilkan terdengar maksimal. Sedangkan dari segi design, headset pada umumnya melingkar ke bagian atas kepala dan pada salahsatu speakernya (biasanya bagian sebelah kanan) terdapat unit mikrofon.

Headphone
Sekilas Headphone sama dengan headset, dari segi design tidak banyak perbedaan. Hanya saja headphone tidak memiliki perangkat input (mikrofon) seperti halnya headset. Ketidakhadiran mikrofon tersebut nampaknya menjadi satu-satunya pembeda jika dilihat dari segi fungsinya. Akhir-akhir ini headphone lebih sering dipasangkan dengan perangkat mobile seperti handphone, smartphone, tablet bahkan MP3/MP4 player. Di negara-negara barat bahkan asia timur nampaknya sedang booming menggunakan headphone, mendengarkan musik pun kini semakin menyenangkan dengan hadirnya berbagai design dan warna yang menarik.

Earphone
Dari segi fungsi, earphone sama dengan headphone, namun earphone memiliki bentuk yang jauh lebih kecil dan ringkas sehingga mudah dibawa kemana pun bahkan dapat dimasukkan ke dalam saku baju ataupun celana. Sekilas earphone ini mirip dengan handsfree namun tanpa tombol audio tambahan yang biasanya terdapat pada daerah percabangan kabelnya. Penggunaannya cukup dimasukkan ke dalam telinga bagian luar, sehingga perangkat ini bisa digunakan sambil tiduran tanpa mengganggu kenyamanan. Perangkat ini biasanya disertakan dalam paket penjualan perangkat-perangkat pemutar musik ataupun video portable (MP3/MP4 player).

Handsfree
Bisa dikatakan handsfree adalah earphone dengan tambahan beberapa alat tertentu, seperti mikrofon dan tombol fungsi. Dari segi design, handsfree sama dengan earphone. Handsfree biasanya memiliki tambahan satu unit mikrofon dan satu atau beberapa tombol fungsi yang terintegrasi menjadi satu. Tombol fungsi disini biasanya digunakan untuk menerima atau memutus panggilan, dial beberapa nomor panggilan terakhir, memainkan atau menghentikan pemutar media, dan beberapa tipe tertentu menyediakan tombol audio seperti play, pause, next, prev dan stop. Handsfree biasanya disertakan dalam paket penjualan perangkat-perangkat mobile, seperti smartphone dan tablet. Sedangkan dari segi koneksi perangkat ini kebanyakan menggunakan kabel dan bluetooth.




Untuk merapikan earphone kesayangan, kita bisa memanfaatkan barang-barang disekitar kita, namun yang perlu diperhatikan adalah sebagai berikut.

Hal yang harus diperhatikan agar earphone tetap awet
1. Jangan menggulung terlalu ketat
2. Hindari lipatan
3. Jangan meletakkan disembarang tempat

Tiga hal diatas harus kita perhatikan, karena jika kita langgar kabel headset akan mudah putus, oleh sebab itu untuk menyimpan earphone kita bisa dengan menggunakan cara-cara berikut :

Manfaatkan Kaleng Mini
Kaleng mini seperti kaleng permen, kotak rokok, dan yang lainya bisa kita manfaatkan untuk menyimpan headset, kaleng mini cukup efektif untuk melindungi headset  kita dari himpitan dan lekukan kabel yang terlalu sempit.






Terimakasih telah membaca soreini, silahkan tinggalkan komen

Click to comment