Tips Menyimpan Sayuran Agar Awet Hingga Sebulan


Soreini.com, Kehidupan modern merubah berbagai kebiasaan, kini manuasia hidup dengan serba digital, bahkan semua informasi berada dalam genggaman. Perubahan tersebut membuat perjalanan waktu terasa lebih cepat, yang akhirnya kita pun harus menyesuaikan.

Dahulu untuk menyajikan masakan rata-rata seorang wanita akan melakukan belanja harian, menu apa yang akan diolah akan dibelanjakan dihari itu juga, sekalipun dibeberapa rumah memiliki almari es.
Kini kebiasaan tersebut mulai berubah, kita mulai memiliki kecenderungan belanja setiap satu minggu sekali, yang artinya kita menyimpan bahan makanan dalam kurun satu minggu.

Tentu hal ini memiliki kelemahan, bahan makanan yang kita simpan sangat besar kemungkinan akan layu atau tidak lagi segar terutama sayuran. Sayuran tidak ada pilihan untuk disimpan di freezer seperti daging. Sayur hanya bisa disimpan di almari es bagian rak sayur, Untuk mendapatkan sayuran yang tetap segar kita bisa mengikuti kiat berikut ini.

Langkah-langkah menyimpan sayuran agar awet :

Pisahkan Sayuran
Sebelum kita menyusun sayuran kedalam rak almari es, sebelumnya kita perlu memilah jenis sayuran yang segar dan yang layu, selain itu kita perlu memilah jenis sayuran.

Sersihkan Sayuran
Setelah kita pisah-pisahkan bersihkan sayuran, pastikan tidak ada daun yang layu, jika anda melihat ada bagian daun yang layu potong dan buang, bagian daun yang layu memicu lainya untuk layu.

Bungkus Sayuran
Supaya sayur teteap awet bungkus sayur dengan kertas pembungkus, atau kertas koran, namun perlu diingat kerta koran kurang baik karena terdapat tinta cetak yang mengandung bahan kimia, bisa juga dengan kertas roti. Tujuan dari membungkus sayur dengan kertas adalah untuk menjaga kelembabab sayuran selain akan tetap segar warnanya pun tidak berubah.

Perlu dipastikan sayur yang kita simpan terhindar dari tetesan air, dan untuk menyimpan tidak perlu kta cuci terlebih dahulu, karena sayur akan mudah busuk jika terkena air, Pastikan juga kulkas selalu dalam keadaan bersih.

Jika anda tidak memiliki almari es atau kulkas perlu anda ketahui cara orang afrika menyimpan sayur dengan menggunakan pendingin tanpa listrik

Terimakasih telah membaca soreini, silahkan tinggalkan komen

Click to comment