Mengenal jenis kopi (Arabika, Robusta, Liberika dan Excelsa)


Soreini.com, Tidak semua penggemar kopi akan memperdulikan jenis kopi apa yang sedang mereka konsumsi, bagi penggemar kopi rasa kopi yang nikmat adalah yang mereka cari. Namun secara tidak sadar para penggemar kopi mampu membedakan perbadaan rasa meskipun kurang tahu jenisnya. Tidak ada salahnya bagi penikmat kopi untuk lebih tahu tentang kopi.

Pada dasarnya kopi terdiri dari 3 jenis yang populer
1. Arabika
2. Robusta
3. Liberika
4. Excelsa

Kopi Arabika

Kopi arabika bisa dikatakan kopi tradisional yang rasanya dianggap paling enak oleh para penikmat kopi. Biji kopi arabika memiliki ciri ukuran yang lebih besar dan bentuknya oval. Kandungan kafein pada kopi arabika lebih rendah dibanding jenis lain, namun rasa dan aroma kopi arabika lebih nikmat.


Kopi arabika tumbuh pada ketinggian 600 - 2000 meter dpl, pada iklim sub tropis 15-24 derajat celcius dengan perhatian khusus, karena kopi arabika sangat mudah terserang hama dan mudah rusak jika tidak di tangani dengan baik.

Ciri-ciri  kopi arabika
Aromanya wangi sedap mirip percampuran bunga dan buah.
Memiliki rasa asam yang tidak dimiliki oleh kopi jenis robusta.
Memiliki bodi atau rasa kental saat disesap di mulut.
Rasa kopi arabika lebih mild atau halus.
Kopi arabika juga terkenal pahit.

Kopi Robusta

Kopi robusta merupakan jenis kopi yang memiliki kadar kafein yang cukup tinggi hingga 22%, meski memiliki kualitas yang lebih rendah bukan berarti tidak ada jenis kopi robusta yang memiliki kualitas tinggi. Kopi robusta biasa tumbuh di dataran dengan ketinggian 400 - 700 dpl, pada temperatur 21 - 24 derajat celcius.

Kopi robusta memiliki bentuk biji oval dengan ukuran lebih besar dibanding dengan kopi arabika. Aroma kopi robusta tidak seharum kopi arabika. Yang unik dari kopi liberika ini kandungan kafein pada daunya lebih tinggi dibanding dari biji.

Ciri-ciri kopi Robusta
Memiliki rasa yang lebih seperti cokelat.
Bau yang dihasilkan khas dan manis.
Warnanya bervariasi sesuai dengan cara pengolahan.
Memiliki tekstur yang lebih kasar dari arabika.

Kopi Liberika

Jenis kopi ini memiliki kelebihan bisa tumbuh di lahan gambut, kopi liberika memiliki ukurn biji kopi yang lebih besar dibanding robusta, bahkan ukuran bijinya bisa dua kali biji kopi arabika.

Meskipun kopi liberika memiliki kualitas lebih rendah namun memiliki harga yang lebih mahal, hal ini disebabkan karena untuk mengolah kopi liberika ini lebih susah, Negara yang banyak mengkonsumsi kopi ini adalah Malaysia.

Di Indonesia sendiri jenis kopi ini dikenal dengan kopi nangka karena ukuran bijinya yang besar-besar, ada juga yang berpendapat karena aromanya seperti buah nangka.

Ciri-ciri kopi Liberika
Memiliki aroma seperti sayur-sayuran


Kopi Excelsa

Belakangan, Jean Paul Antoine Lebrun, menggolongkan kopi excelsa sebagai salah stau varietas dari kopi liberika dengan nama ilmiah Coffea liberica var. Kopi Excelsa dan Liberika tidak begitu populer dibanding dengan arabika dan robusta.

Rasa kopi excelsa ini sangat unik, kopi excelsa menghasilkan rasa beragam seperti pahit, manis dan asam bercampur menjadi satu.




Terimakasih telah membaca soreini, silahkan tinggalkan komen

Click to comment