Cara Mudah Memiliki Kebiasaan Menabung



Soreini.com, Bagi beberapa orang menabung merupakan hal mudah dan sudah menjadi kebiasaan, dan tidak sedikit orang merasa kesulitan menyisihkan uang untuk menabung. bahkan tidak jarang mereka gagal karena tidak ada uang yang cukup dalam setiap bulan.

Sebelum kita mulai lagi kebiasaan menabung kita harus tahu manfaat menabung. Bahkan bisa dikatakan dengan menabung bisa mengantar seseorang untuk menjadi kaya.

Apa Saja Manfaat Menabung :

Merubah kebiasaan beli barang kredit 
Menabung memiliki manfaat untuk jauh dari riba, bukan hanya untuk orang muslim saja membeli barang secara kredit bkan hanya mahal namun jadi penumpukan beban bulanan yang harus kita tanggung.

Mengatasi Kebutuhan Mendadak
Dalam perjalanan hidup seseorang kita tidak pernah tahu akan ada hal-hal mengejutkan baik yang menguntungkan atau merugikan, jika tiba-tiba terjadi hal yang tidak kita inginkan seperti misalnya tiba-tiba mesin kendaraan kita bermasalah, kita bisa memperbaiki tanpa mengganggu pendapatan bulanan.

Bisa untuk Infestasi
Jika uang yang kita tabung tidak kita gunakan, ada baiknya bisa kita infestasikan atau dijadikan modal usaha.

Dengan membiasakan diri beli barang tunai, memiliki cadangan uang untuk kebutuhan mendadak, dan memiliki uang untuk modal usaha berarti kita sudah memiliki 3 syarat menjadi orang kaya, selanjutnya tinggal bagaimana kita menjalankanya.

Selain mengetahui manfaat menabung kita juga harus tahu masalah yang menyebabkan yang menyebabkan seseorang merasa sulit untuk menabung. Salah satu masalah-masalah yang muncul sehingga seseorang sulit menabung adalah hal yang kita alami juga.

Masalah yang Menyebabkan Seseorang Sulit Menabung

Penghasilan yang Tidak Cukup
Hampir semua orang merasa penghasilan tidak cukup untuk menutupi kebutuhan bulanan, jika penghasilan kita kecil atau bahan kurang dari UMR.

Terbelit Hutang
Kebanyakan masalah yang dialami orang baik kalangan sosial bawah sampai atas adalah hutang, apalagi dengan mudahnya mendapat pinjaman dari bank dan leasing mendorong seseorang untuk mengajukan pinjaman.

Gaya Hidup Boros
Tidak sedikit orang dengan penghasilan cukup, tidak memiliki hutang namun tetap saja tidak bisa menabung, hal ini dikarenakan kebiasaan hidup boros, seperti membeli barang-barang mahal, jalan-jalan, makan yang enak, suka shoping dan sebagainya.

Tiga hal diatas merupakan gambaran hal yang menyebabkan seseorang sulit untuk menabung. Berikut ini akan kita uraikan tips menabung.


Cara Menabung

Menabung tidak harus dengan nilai besar
Jika kita merasa sulit untuk menabung kita bisa mulai membiasakan diri menabung dengan nilai yang kita anggap kecil namun kita lakukan setiap hari.

Misalnya jika kita seorang mahasiswa yang menerima uang jajan 50.000 perhari. Kita tentukan nilai minimal yang wajib kita tabung misalnya 5000 rupiah perhari termasuk hari libur tetap harus menabung. Seandainya setiap hari 5000 rupiah dalam waktu 30 hari kita bisa mengumpulkan uang senilai 150.000.

Jadikan kebiasaan menabung seperti sebuah permainan, 
Misalnya seperti gerakan the power of 20000, mereka yang mengikuti gerakan the power of 20.000 ini sangat anti dengan uang 20.000. setiap menerima uang pecahan 20.000 mereka akan masukkan kedalam tabungan.

Misal pada saat belanja menerima uang kembalian yang nilainya 20000 mereka tidak boleh menggunakan untuk belanja, meskipun mereka menerima pecahan 20.000 sampai 5 lembar dalam sehari. Jika hal itu terjadi berarti mereka harus memasukkan kedalam tabungan uang tersebut dengan nilai 100 ribu. Cara-cara seperti ini membuat kita menjadi seperti sedang melakukan permainan namun tidak terasa sudah mengumpulkan uang dengan nilai cukup besar.






Terimakasih telah membaca soreini, silahkan tinggalkan komen

Click to comment