Cara Menurunkan Berat Badan Secara Alami dan Sehat



Soreini.com, Kenaikan berat badan dipengaruhi oleh banyak faktor diantaranya, Faktor Stress, suks mengkonsumsi makanan manis, mengkonsumsi obat-obatan tertentu.

Untuk menurunkan berat badan kita juga perlu mengatur pola makan dengan cara sebagai berikut :

1. Minum air putih sebelum makan, selain membantu proses pembakaran, air putih juga membuat kita merasa kenyang, sehingga porsi makanan yang kita konsumsi bisa berkurang dibanding biasanya.

2. Kurangi konsumsi manis, jika anda memiliki kebiasaan mengkonsumsi manis sebaiknya dikurangi.

3. Perbanyak minum air putih, air putih membantu proses pembakaran lemak, sehingga makanan yang kita konsumsi tidak menjadi timbunan lemak.

4. Hindari makan malam hari, jika memang terasa lapar bisa konsumsi makanan yang rendah karbohidrtat.

5. Biasakan sarapan, Banyak orang berasumsi dengan tidak sarapan akan menurunkan berat badan, padahal dengan tidak sarapan akan membuat kita menjadi lapar.

6. Makan menggunakan piring yang kecil, Meski makan dalam porsi sedikit, kamu sebenarnya masih bisa kenyang asalkan makan lebih lambat. Makan secara perlahan-lahan dapat merangsang otak bahwa kita sudah kenyang. Makan dalam porsi kecil (4-5) kali sehari akan lebih baik untuk menurunkan berat badan, dari pada kamu makan dalam porsi besar meski hanya 3 kali sehari.

Cara Menurunkan Berat Badan Secara Alami dan Sehat :

1. Tentukan target yang realistis
Dalam menurunkan berat badan, dibutuhkan motivasi kuat oleh sebab itu dibutuhkan target yang realistis, jika dalam menjalankan program hasilnya jauh dari target akan melemahkan motivasi kita. Misal untuk awal menurunkan berat badan jangan langsung menentukan target turun 10 kg tapi tentukan target 2 kg.  Idealnya dalam seminggu terjadi penurunan antara 0,5 kg sampai 1 kg.

2. Lakukan pola makan yang sehat seperti diatas,

3. Lakukan olah raga yang teratur, Olahraga bisa dilakukan dengan hal-hal kecil, seperti membiasakan berjalan kaki, bersepeda jika pergi ke tempat-tempat yang tidak terlalu jauh, ada baiknya juga dengan melakukan joging bahkan maraton.

4. Tidur yang teratur
Pada saat seseorang kurang tidur akan memacu nafsu makan karena tubuh akan memproduksi hormon ghrelin lebih tinggi. kurang tidur juga bisa memicu terganggunya sistem metabolisme tubuh dalam memecah zat-zat makanan menjadi energi. Alhasil, zat-zat itupun menumpuk dalam jumlah besar dan diubah menjadi lemak.