Cara Mengeluarkan Kunci Patah Tertinggal di Dalam Lubang Kunci


Soreini.com, Penggunaan yang terlalu sering pada kunci terkadang membuat kondisi kunci menjadi rapuh, atau kualitas logam kunci tersebut tidak baik sehingga memungkinkan menjadi mudah patah. Jika kita mengalami hal tersebut pada saat masih memiliki kunci cadangan tentu bukan masalah, namum jika patahan kunci tersebut tertinggal didalam lubang kunci akan menjadi masalah baru.

Untuk mengatasi hal tersebut ada dua cara yang bisa kita lakukan sebelum membongkar atau memanggi tukang hanya untuk mengeluarkan patahan kunci yang tertinggal di dalam lubang kunci.

Cara Mengeluarkan Patahan Kunci di Dalam Lubang Kunci

Dengan Menggunakan Pinset
Caranya kita jepit dengan hati-hati, karena jika terdorong akan semakin suli, jika posisi patahan sudah kita jepit dengan pinset, tarik perlahan sampai keluar.

cara mengeluarkan kunci patah tanpa membongkar
Dengan Menggunakan Lem
Jika kondisinya sulit, atau tidak bisa dijangkau dengan pinset, kita bisa menggunakan lem super, seperti alteko atau sejenisnya.Caranya dengan merekatkan kunci kembali seperti semula.
Berikut ini langkah-langkahnya :

  • Oleskan lem pada patahan kunci yang kita pegang (jangan terlalu banyak)
  • Tempelkan kunci yang ditangan dengan patahan yang ada di dalam lubang kunci (pastikan posisi seperti kondisi kunci semula)
  • Biarkan beberapa waktu untuk memastikan kunci menempel dengan kuat
  • Lalu keluarkan kunci perlahan. 
Cara ini cukup efektif, setidaknya lebih baik daripada membongkar atau memanggil tukang kunci.