Cara Mengatasi Bau Badan Tidak Sedap

Soreini.com, Bau badan merupakan masalah yang cukup serius, karena masalah bau badan akan menimpulkan kurangnya rasa percaya diri. Selain itu tidak jarang orang yang mengalami bau badan akan dikucilkan atau menjadi perbincangan orang lain.

Bukan hanya masalah dalam pergaulan saja, bau badan juga terkadang menjadi persoalan serius dalam sebuah pekerjaan, tidak jarang orang yang memiliki masalah dengan bau badan kehilangan kesempatan mendapatkan pekerjaan.

Penyebab Bau Badan

Bakteri
Asam propanoat yang merupakan hasil dari uraian keringat oleh propionibacteria, salah satu bakteri yang berkembang biak pada seseorang ketika remaja dan Asam isovalerik yaitu asam yang dihasilkan oleh bakteri staphylococcus epidermis yang menimbulkan bau seperti bau keju.

Stress Secara Emosional
Seseorang yang sedang mengalami stress akan mengeluarkan bau yang tidak sedap dari tubuh, hal ini disebabkan kelenjar apokrin akan melakukan peningkatan produksi keringat.

Perubahan Hormon Pada Remaja
Perubahan secara hormon pada seseorang yang memasuki usia remaja akan menyebabkan bau badan.

Makanan yang dikonsumsi
Makanan yang kita konsumsi menjadi salah satu penyebab munculnya bau badan, seseorang yang suka mengkonsumsi makanan berbau tajam secara berlebihan akan memicu bau badan yang kuat.

Pola hidup yang salah
Kebiasaan jarang mandi membuat bakteri dengan mudah berkembang biak pada tubuh, selain itu juga kebiasaan menggunakan pakaian yang berbahan tebal atau tidak menyerap keringat menjadi salah satu penyebab.

Dampak Dari Penyakit
Sebuah penyakit tertentu yang diderita seseorang menjadikan penyebab munculnya bau badan yang tidak sedap, seperti diabetes atau penyakit lainya.

Cara Menghilangkan Bau Badan yang Tidak Sedap

Perbaiki Pola Hidup
Biasakan mandi 2 kali sehari, mungkin hal ini berbeda dengan orang Jepang yang memiliki kebiasaan mandi sehari sekali setelah beraktifitas, yang perlu diperhatikan adalah kondisi iklim di Indonesia dan banyaknya polusi menjadi pemicu munculnya keringat.
Selain itu biasakan juga menggunkan pakaian berbahan tipis atau yang menyerap keringat.

Kurangi Makanan Penyebab Bau Badan
Jika kita memiliki kebiasaan mengkonsumsi makanan berikut sebaiknya dikurangi, makanan-makanan penyebab timbulnya bau badan:
Daging Merah
Rempah-rempah
Alkohol
Kafein
Junkfood

Banyak Konsumsi Buah-buahan
Buah merupakan makanan yang baik untuk tubuh dan mudah dicerna, oleh sebab itu buah akan membuat usus menjadi lebih sehat dan dapat membantu menghilangkan bau badan.

Konsumsi Air Putih
Selain berfungsi sebagai pemasok cairan tubuh, air putih juga memiliki manfaat sebagai penetralisir racun dalam tubuh, biasakan konsumsi air putih saat bangun tidur, sebelum dan sesudah makan dan sebelum tidur.

Daun Sirih
Kandungan antibakterial dan anti septik pada daun sirih cukup ampuh membantu menghilangkan bau badan yang tidak sedap.
Caranya ambil beberapa lembar daun sirih
Tumbuk sampai halus
Oles pada tubuh, terutapa pada ketiak.

Daun Kemangi
Dengan mengkonsumsi daun kemangi secara rutin, selain mampu menghilangkan bau mulut kemangi juga mampu menghilangkan bau badan, karena daun kemangi memiliki kandungan mineral dan anti bakteri.

Olah Raga
Keringat yang dihasilkan ketika berolah raga dapat membantu membuang kuman dan bakteri pada bagian pori. Lakukan olahraga jogging atau sepeda santai setiap pagi secara rutin. Tidak usah lama-lama, cukup 30 menit sehari selama 1 minggu saja bau badan kamu sudah berkurang.

Penyebab Masalah Bau Badan Menurut Ustad Danu

Ustad Danu melihat bahwa berbagai penyakit timbul dari kondisi emosi dan kebiasaan-kebiasaan seseorang. Dalam kajiannya ia mampu mendefinisikan suatu penyakit timbul dari emosi negatif seseorang.
Salah satunya masalah Bau Badan, menurut Ustad Danu masalah bau badan muncul akibat kebiasaan gampang tersinggung dan jika dinasehati langsung “nyerang”, selain itu juga pemalas.