Stephen Hawking: Manusia dalam Bahaya Besar, Jika Tidak Mengontrol Insting yang Diwarisi Logika dan Akal

Stephen Hawking Ingatkan Manusia agar Mengontrol Insting yang Diwarisi Logika dan Akal

Soreini.com, Oxford - Fisikawan, Stephen Hawking mengingatkan manusia zaman sekarang, agar mengontrol teknologi untuk mencegah kehancuran umat manusia.

Sebelumnya, Hawking pernah mengungkap tentang bahaya artificial intellegence (AI) atau kecerdasan buatan.

Dia mengatakan, saat peradaban dimulai, agresi ada gunanya, yaitu untuk memberikan semangat kepada manusia agar bertahan hidup. Menurut teori evolusi Darwin, hal AI terprogram ke dalam sebuah gen. Saat ini, teknologi telah berkembang pada fase menghancurkan manusia lewat perang nuklir.

"Kita perlu mengontrol insting yang diwariskan oleh logika dan akal," ujar Hawking, seperti diwartakan Times.

Dari laman Independent, Kamis, 9 Maret 2017 Hawking memberikan saran, agar membentuk sejumlah pemerintahan dunia, untuk menangani hal itu. Namun, dengan penanganan itu akan menciptakan lebih banyak masalah.

Meskipun model pemerintahan dunia akan menjadi tirani, dan terdengar seperti malapetaka, Hawking optimis manusia akan mampu menghadapi tantangan zaman ini.

AI, menurut Hawking akan bertumbuh dengan kuat dan mampu membunuh seluruh umat manusia tanpa disengaja. Dia mengatakan hal itu pada acara Reddit AMA pada 2015 yang lalu.

Resiko nyata yang akan dihadapi manusi, menurutnya tidak hanya pada kejahatan, namun juga pada kompetensi.

AI akan menjadi bumerang bagi manusia jika pertumbuhannya tidak selaras dengan manusia, dan manusia akan berada dalam kesulitan, ungkap Hawking.

Sementara, CEO Tesla, Elon Musk juga mempunyai sudut pandang yang sama dengan Hawking dari berbagai sudut pandang. Ia juga memperingatkan manusia, bahwa saat ini dalam bahaya jika manusia tidak selaras dengan AI.

Terimakasih telah membaca soreini, silahkan tinggalkan komen

Click to comment