Ditemukan Patung Sepanjang 8 Meter di Daerah Kumuh


Soreini.com, Arkeolog dari Mesir dan Jerman telah menemukan delapan meter  patung terendam air tanah di daerah kumuh Kairo, menurut mereka adalah patung Firaun Ramses II, yang memerintah Mesir lebih dari 3.000 tahun yang lalu.

Penemuan ini mendapat apresiasi oleh kementerian barang antik Mesir, sebagai salah satu peninggalan paling penting yang pernah - dibuat di dekat reruntuhan kuil Ramses II di kota kuno Heliopolis, di bagian timur modern Kairo.

Ratusan peti mati akan dipulihkan dalam proyek konservasi Mesir, "Selasa lalu mereka menelepon saya untuk mengumumkan penemuan besar dari raja, kemungkinan besar Ramses II, terbuat dari kuarsit," menteri barang antik, Khaled al-Anani, mengatakan di lokasi penemuan.
Firaun, juga dikenal sebagai Ramses Agung atau Ozymandias, adalah anak ketiga dari dinasti ke-19 Mesir dan memerintah selama 66 tahun, dari 1279 SM ke 1213SM.
Dia memimpin beberapa ekspedisi militer dan memperluas kerajaan Mesir  dari Suriah di timur ke Nubia (Sudan utara) di selatan.

"Kami menemukan patung patung dan bagian bawah kepala dan kami menemukan mahkota dan telinga kanan dan sebuah fragmen dari mata kanan," kata Anani dari penemuan baru.
Ekspedisi Mesir-Jerman bersama juga menemukan bagian atas patung batu kapur seukuran Firaun Seti II, cucu Ramses II, mengukur 80cm panjangnya.
Kuil matahari di Heliopolis didirikan oleh Ramses II,  Itu salah satu kuil terbesar di Mesir, hampir dua kali lipat ukuran Luxor Karnak, tapi hancur di masa Yunani-Romawi.
Banyak dari obelisk-nya dipindahkan ke Alexandria atau ke Eropa dan batu dari situs dijarah dan digunakan untuk membangun Kairo.

Para ahli akan berupaya mengambil sisa potongan kedua patung sebelum mengembalikan mereka. Jika mereka berhasil dan raksasa yang terbukti untuk menggambarkan Ramses II, itu akan dipindahkan ke pintu masuk Grand Egyptian Museum (www.theguardian.com)