Cara Menjaga Daya Tahan Tubuh


Soreini.com, Aktifitas yang padat perlu didukung oleh daya tahan tubuh yang baik, terutama pada saat perubahan cuaca. Pada saat seseorang mengalami sakit akan banyak hal yang dikorbankan diantaranya waktu bersama keluarga, pekerjaan yang tidak bisa ditunda atau urusan lain yang menjadi terbengkalai.

Untuk mengetahui seseorang apakah dalam kondisi sehat, tidak ada definisi atau ukuran yang pasti. Namun pada saat seseorang mampu menjaga daya tahan tubuh maka bisa dikatakan ia dalam kondisi sehat.

Dengan menurunnya tingkat daya tahan tubuh biasanya ditandai dengan mudahnya terkena flu, demam, sakit tenggorokan, batuk, dan infeksi, seseorang akan rentan mengalami penurunan imunitas, sehingga tubuh mudah terserang virus.

Untuk menjaga daya tahan tubuh kita bisa dengan cara berikut ini:

Istirahat yang cukup
Istirahat merupakan faktor penting untuk menjaga daya tahan tubuh, dalam kondisi lelah maka seseorang rentan terserang penyakit.

Berpikir Positif
Kondisi psikis seseorang sangat berpengaruh pada kondisi kesehatan, terkadang seseorang yang sangat menjaga pola makan, aktifitas akan mudah terserang penyakit ketika tidak mampu menjaga pikiran positif. Hal ini bisa di dukung dari kegiatan ibadah atau dengan meditasi.

Rutin Berolahraga
Setiap pagi, usahakan selalu melakukan olahraga secara teratur. Ini bertujuan untuk menjaga kondisi tubuh agar selalu bugar dan sehat.

Kontrol Makanan
Makanlah dengan porsi yang wajar jangan berlebihan. Di khawatirkan badan anda akan mengalami kegemukan dan riskan terkena penyakit yang terkait dengan kegemukan atau obesitas

Makanan Berserat
Penuhi makanan yang berserat setiap harinya. Makanan yang berserat yaitu apel, wortel maupun kacang-kacangan. Fungsi makanan berserat ini yaitu menjaga tubuh dari serangan bakteri.

Konsumsi Vitamin
Untuk menunjang kondisi daya tahan tubuh, perlu didukung dengan konsumsi vitamin, terutama vitamin D yang memiliki fungsi untuk menstimulus sel imun untuk menghalau virus dan bakteri.

Dengan  melakukan 6 hal tersebut saangat efektif untuk menjaga daya tahan tubuh kita, bukan hanya dari faktor biologis saja namun faktor psikis juga memiliki peranan penting dalam menjaga kesehatan tubuh.