Cara Menajamkan Gunting Dengan Mudah


Soreini.com, Sebagai alat potong gunting bisa digunakan untuk memotong berbagai hal, seperti kertas, tali, sayur dan masih banyak lagi. Selain lebih praktis untuk kegunaan tertentu gunting memiliki fungsi tersendiri dibanding dengan pisau.

Kini untuk berbagai hal gunting dibutuhkan dari teknisi, kebutuhan kantor bahkan dapur rumah pun membutuhkan gunting. Namun permasalahan yang dihadapi oleh para pengguna gunting adalah pada saat gunting yang kita gunakan tidak tajam lagi.

Berbeda dengan pisau jika pisau tidak tajam kita bisa menggosok di batu asah maka pisau akan kembali tajam, namun gunting memiliki desain yang tidak mudah untuk diasah meskipun sebetulnya bisa.

Soreini akan membagikan beberapa cara mengasah gunting atau menajamkan kembali gunting yang mulai tumpul. Caranya sebagai berikut:

Dengan Batu Asah
Seperti pada pisau, kita bisa mengasah pada bagian mata gunting dengan batu asah, caranya tingga buka gunting lalu gosokkan bagian mata gunting seperti mengasah pisau.

Dengan Botol atau Gelas
Gosokkan mata gunting pada botol atau gelas kaca seperti seolah-olah kita sedang memotong botol tersebut.

Dengan Amplas
Kita bisa menggunakan amplas besi, lalu potong-potong amplas dengan gunting tersebut, cara ini membuat mata gunting kembali tajam. Jika tidak ada amplas kita juga bisa menggunakan alumunium foil.

Ketiga cara tersebut cukup ampuh untuk menajamkan gunting yang tumpul, namun pastikan selalu bersihkan gunting dengan menggunakan tisu, membersihkan gunting dengan tisu juga mampu menjaga ketajaman mata gunting kita.