Perbandingan Jus dengan Buah Potong



oleh: dr. Elia Indrianingsih, Sp.GK


Soreini.com, Buah-buahan sangat baik dikonsumsi setiap hari, karena buah merupakan sumber alami dari vitamin, serat dan Gizi. Sebagai pengganti buah, kita mengkonsumsi jus atau ekstra dari buah.

Lebih baik mana buah atau jus?

Berdasarkan gizi dan vitamin yang terkandung didalamnya, apa perbedaan antara buah yang dipotong dengan jus?
Jus disini adalah extrak buah yang dikonsumsi air buahnya saja, Pada beberapa buah yang kulitnya bisa dimakan, seperti apel, pir, strawberi yang lain, Vitamin dan gizi yang terdapat pada kulit seperti kandungan flavanoid akan terbuang.
Selain itu kandungan serat pada jus tidak bisa kita dapatkan. Namun kandungan vitamin dan mineral pada jus buah lebih banyak, karena untuk membuat jus buah kita membutuhkan buah utuh lebihn banyak.

Bagaimana dengan anak yang lebih suka jus dibanding buah potong?
Kandungan gizi dan vitamin pada jus lebih mudah diserap oleh tubuh, namun jus tidak memiliki kandungan serat, disarankan anak-anak juga harus mengkonsumsi buah potong juga.

Apakah buah potong yang tidak langsung di konsumsi?
Betul, khasiat vitamin akan berkurang dan menurun jumlah kandunganya jika bersentuhakn langsung dengan udara dan sinar, dalam waktu lebih dari 15menit. Baik itu sinar matahari maupun cahaya dari lampu. Sebaiknya potong buah lalu langsung di konsumsi.

Apakah betul, bahwa buah potong sebaiknya tidak di campur dengan zat lain, seperti garam dan gula?
Mencampurkan gula atau garam perlu diwaspadai oleh mereka yang sedang menjalani diet, menurunkan berat badan, penderita kencing manis, juga penderita hipertensi.

Pada peralihan cuaca , buah apa yang baik dikonsumsi untuk meningkatkan daya tahan tubuh?
Buah yang baik untuk meningkatkan daya tahan tubuh adalah buah yang banyak mengandung vitamin C, seperti jeruk, strawberi, pepaya, kiwi, jambu merah, dan plum, sangat baik dikonsumsi pada masa peralihan cuaca yang umumnya membutuhkan ketahanan tubuh yang lebih tinggi.

Kombinasikan minimal 3  macam buah beraneka warna dalam sehari, sehingga akan diperoleh kombinasi vitamin yang saling melengkapi


Elia Indrianingsih, Sp.GK

Kesimpulan
Bagi orang yang tidak memiliki masalah dengan pencernaan, tentunya buah potong lebih baik, karena kandungan serat, vitamin dan gizi pada kulit buah bisa kita dapatkan.

Bagi yang mengalami gangguan lambung, dan gangguan saluran cerna, mengkonsumsi jus membantu saluran cerna agar tidak perlu bekerja keras, sehingga zat gizi pun lebih cepat terserap.

Serat dan buah potong juga berfungsi memperlambat penyerapan zat, gula
(Sumber, Better Healt)