Pengecatan Dengan Metode Hydrografi atau "Water Transfer Printing"

Soreini.com, Metode pengecatan hydrografi atau dengan pencelupan dengan air mampu mewarnai benda dengan berbagai corak. Selain sebagai pilihan praktis dengan hasil cat yang rapi, metode pengecatan hydrografi cukup menyenangkan jika dilakukan bersama anak-anak.


Metode pengecatan hidrografi, sekarang dikenal dengan water transfer printing, hal ini dikarenakan metode yang sudah berkembang bersama teknologi  modern. Berbagai corak hasil printing kita pindahkan disebuah media dengan menggunakan teknik hydrografi. Bagi anda yang sebelumnya belum pernah mengenalnya tentu ingin tahu seperti apa metode pengacatan hydrografi ?


1. Cat minyak beberapa warna

2. Bak air, bak air harus besar dan dalam (kita sesuaikan objek yang akan kita celup)

3. Sarung Tangan (biar tangan tidak melekat oleh Pattern)

4. Air Seperlunya untuk membilas Pattern yang sudah melekat.

5. Cat Clear atau Finishing untuk melindungi Pattern dan membuatnya lebih mengkilap.


Cara Mengecat Dengan Metode Water Transfer Printing

Siapkan Air dalam wadah atau bak

pastikan kedalaman air sesuai dengan objek dan air tidak terlalu penuh untuk menghindari luber.


Tuangkan cat dengan membentuk motif yang kita inginkan

jika cat sudah ter tuang rata di permukaan air kita mulai mencelupkan barang yang akan kita warnai secara perlahan (dalam hal ini perpaduan warna akan menentukan nilai seni)


Celup Benda Yang Kita Cat

Jika sudah tercelup penuh dan cat mulai menempel pada objek maka kita singkap cat yang ada di permukaan agar ketika kita mengangkat barang yang kita car tidak tertempel cat kembali.

setelah kita angkat dari air kita keringkan objek


Finising

Setelah objek kering kita bisa lapisi dengan cat semprot clear agar hasil lebih maksimal.

Bagi kita yang tertarik melakukan pengecatan dengan metode water transfer kita juga bisa dengan membeli pattern motif namun ada sedikit perbedaan caranya.


Kini dalam melakukan pengecatan Hydrografi, cat yang kita gunakan diganti dengan Patern, atau lembaran-lembaran motif hasil printing yang bisa kita dapatkan di tempat penjual Pattern Water Transfer Printing.


Bukan hanya benda-benda pakai, bahakan cat kukupun bisa kita warnai dengan metode tersebut. Supaya lebih jelas kita bisa melihat video water transper printing dan nail marble.