Mengenal Jenis Printer Sebelum Membeli


Soreini.com, Kebutuhan penggunaan printer bukan hanya di perkantoran saja, printer mulai dibutuhkan juga dirumah-rumah, bukan karena harga printer yang semakin terjangkau, namun karena cetak dokumen dibutuhkan para pekerja bahkan pelajar.

Besarnya kebutuhan cetak dokumen mendorong seseorang memiliki printer dalam sebuah keluarga. Namun sebelum anda memutuskan untuk membeli printer, ada baiknya anda mengetahui jenis-jenis printer sehingga tidak salah memutuskan saat membeli printer.

Printer Dot Matrik

Printer ini merupakan generasi pertama dari alat cetak komputer, sistem kerja printer ini dengan menembakkan jarum pada pita, sama persis dengan mesin ketik, meskipun jenis printer dotmatrik dianggap tertinggal dalam hal teknologi, namun printer ini masih banyak digunakan untuk cetak pada kertas trasparasi seoerti nota, formulir dan sebagainya.


Printer Laserjet
Untuk anda yang hanya membutuhkan cetak dokumen hitam putih saja, printer laserjet menjadi pilihan baik. Printer laserjet ini merupakan printer berbasis serbuk tinta yang dipanaskan dengan laser. Printer laserjet memiliki kelebihan hasil cetak yang tahan air dan proses cetak cepat.

Printer Inkjet

Printer inkjet banyak menjadi pilihan banyak orang, selain banyak pilihan harga yang terjangkau juga mampu mencetak warna dengan kualitas foto. Sistem kerja printer ini dengan cara meneteskan tinta dari kepala cetak, kebanyakan printer inkjet memiliki kelemahan mudah rusak. Namun sekarang banyak muncul produk printer inkjet dengan sistem infus pabrikan sehingga lebih hemat pemakainya dan lebih awet.

Dengan mengetahui jenis-jenis printer, akan membatu anda dalam menentukan jenis printer seperti apa yang akan anda gunakan sesuai dengan kebutuhan.