Karpet Masjid Yang Mengecoh Kerapatan Shaf



Soreini.com, Kerapian dan kerapatan shaf bukan merupakan syarat shahnya sholat, namun banyak hadis yang menjelaskan mengenai keutamaan dari kerapian dan kerapatan shaf.

“Luruskan shaf-shaf kalian karena sesungguhnya kalian itu bershaf seperti shafnya para malaikat. Luruskan di antara bahu-bahu kalian, isi (shaf-shaf) yang kosong, lemah lembutlah terhadap tangan-tangan (lengan) saudara kalian dan janganlah kalian menyisakan celah-celah bagi setan. Barangsiapa yang menyambung shaf, niscaya Allah akan menyambungnya  (dengan rahmat-Nya) dan barangsiapa yang memutuskannya, maka Allah akan memutuskannya (dari rahmat-Nya).”[5] (HR.Ahmad, Abu Dawud, An-Nasa’i dishahihkan oleh Muhammad Nashir Al-Bany –rahimahullahu-)

Namun banyak yang tidak menyadari, jika karpet yang banyak dipakai di Masjid, mengecoh kerapatan shaf pada barisan shalat. Karpet dengan motif sajadah membuat asumsi satu motif untuk satu orang, sehingga menimbulkan jarak pada tiap jamaah.

Jika kita sadar akan hal tersebut, seharusnya untuk ukuran orang Indonesia dua motif sajadah bisa muat untuk 3 orang. Soreini.com akan mengilustrasikan sebagai berikut.



Gambar diatas mengilustrasikan bentuk dari karpet masjd dengan motif sajadah, pada umumnya orang beranggapan satu kolom untuk satu orang.