Tips Memilih Durian yang Manis dan Lezat Dari Mantan Narapidana

Soreini.com, Pekanbaru (25/12/2016) Di sepanjang ruas kota Pekanbaru terlihat begitu banyak pedagang buah durian, namun diantara banyaknya penjual durian ada seorang pedagang yang nampak berbeda dengan pedagang lainya, seorang pedagang dengan muka sangar dan tato dilengan, sebut saja nama pria tersebut adalah jhonny (nama samaran)

Cara Memilih Buah Durian yang Manis dan Lezat


Jhonny adalah seorang mantan narapidana dari rumah tahanan Pekanbaru. Jhonny memilih untuk merubah jalan hidupnya dengan menjalani usaha, berjualan durian adalah salah satu usaha yang dijalaninya.

Terlihat Jhonny sibuk melayani pembeli dengan ramah penuh canda, "Kalau mau yang enak beli yang mahal, ini satu biji Rp. 20ribu, yang lebih besar Rp 45ribu per buah" Kata Jhonny dengan penuh canda pada pembeli. Yang menarik dari cara berdagang pria berpenampilan sangar ini adalah dia membagikan tips cara memilih durian yang Manis dan Lezat.

Cium aroma buah durian, 
Biasanya buah durian yang manis akan memiliki bau yang harum, namun bila tidak harum biasanya tidak manis.

Jangan memilih buah yang sudah merekah atau terbuka
Buah durian yang sudah terbuka bagi pembeli akan terlihat menarik, namun sebetulnya buah durian yang sudah terbuka buahnya kan hambar.

Abaikan bentuknya, 
Jangan perhatikan bentuk buahnya seperti penyok, atau tangkainya patah karena kelezatan durian tidak ada hubungan dengan bentuk buahnya.

Pilih yang berduri pendek, 
Selain berduri pendek juga perhatikan kerapatan durinya biasanya yang berduri pendek atau durinya renggang atau durinya jarang akan mmemili rasa lebih lezat.


Pastikan buah itu berjuring lima
Untuk melihat juring pada durian kita bisa melihat dari bawahnya



Dengarkan suaranya sambil memukul buah durian.
Untuk tips yang terakhir, Jhonny sulit menjelaskannya."Pukul buah durian dan dengarkan suaranya. Seperti apa suara yang benar dan bagus sulit dijelaskan. Semoga beruntung," Kata Jhonny.

Siang itu durian Jhonny sangat laris, namun dia tidak yakin bahwa malam nanti durianya akan laris seperti siang ini, karena durian yang tersisa berjuring lima, namun Jhonny menyikapi dengan tenang "Beginilah kalo jadi pedagang jujur, susah dapet untung besar". Jhonny berdagang durian bukan semata mencari untung namun dia juga meng-edukasi pembelinya supaya tidak salah pilih saat membeli durian.(SI/Fahmi)