Terobosan Baru FIFA, Piala Dunia Diikuti 48 Tim


Soreini.com, Zurich - Terobosan baru dilakukan FIFA sejak Gianni Infantino memimpin organisasi sepak bola kelas dunia itu. Keputusan Fifa mengenai jumlah kontestan Piala Dunia merupakan salah satu terobosan yang dilakukan.

Piala dunia 2026 mendatang akan diikuti 48 tim, jumlah itu bertambah setelah sebelumnya diikuti 32 kontestan. Keputusan itu ditetapkan dalam rapat Dewan FIFA di Zurich, Selasa siang, 10 Januari 2017.

"Dewan FIFA secara bulat menentukan ada 48 tim peserta Piala Dunia mulai 2026. Detailnya akan disampaikan setelah pertemuan," demikian cuitan akun Twitter resmi FIFA, Selasa sore waktu setempat, 10 Januari 2017.

Dengan jumlah 48 peserta, Piala Dunia nantinya akan dibagi dalam 16 grup. Masing-masing grup bakal terdiri hanya tiga tim.

Seperti dikabarkan CNN Indonesia, dikutip ITV berdasarkan sumber dari FIFA, kebijakan itu merupakan langkah populis yang sengaja dilakukan Infantino. Tujuannya adalah agar dirinya bisa terpilih kembali pada Kongres Pemilihan FIFA 2019.

Pertambahan jumlah kontestan Piala Dunia ini memang menjadi janji Infantino sebelum terpilih sebagai Presiden FIFA.

Ia beberapa kali mengatakan, pertambahan jumlah peserta itu diperlukan untuk memberikan kesempatan seluas mungkin kepada negara-negara agar bisa tampil di Piala Dunia.

Infantino pun pernah meyakinkan bahwa uang bukan menjadi kendala dengan bertambahnya peserta Piala Dunia menjadi 48 tim.

Dengan merujuk kepada sejumlah laporan penelitian, Infantino bahkan menggaransi bahwa Piala Dunia bisa memancing pendapatan hingga 800 juta poundsterling mulai dari siaran, iklan dan pemasukan di setiap pertandingan

Terimakasih telah membaca soreini, silahkan tinggalkan komen

Click to comment