Perbaikan Cisomang Ditargetkan Rampung Maret 2017

Soreini.com, Purwakarta - Jembatan Cisomang saat ini tengah memasuki tahap perbaikan. Apabila tak ada hambatan yang berarti, perbaikan jembatan ditargetkan rampung pada pekan kedua Maret 2017 mendatang.

Sepanjang perbaikan jembatan dilakukan, terdapat pengalihan arus bagi truk trailer melalui jalur alternatif. Namun, pengalihan jalur ini justru menimbulkan kemacetan akibat beban truk yang terlalu besar.

Menteri Perhubungan Budi Karya pun memiliki rencana untuk mengalihkan barang muatan truk ini dengan menggunakan kereta api menuju Bandung. Rencananya, program ini akan dapat dimanfaatkan pada Selasa pekan ini. 

"Oleh karenanya kita diskusikan dengan PT kereta api dan Pelindo untuk berikan substitusi pengangkutan barang-barang yang dari Bandung menuju ke Priok. Dari diskusi awal kira-kira ada 60 kontainer yang bisa diangkut dari Bandung," terang Budi Karya di kawasan Jembatan Cisomang, Purwakarta, Minggu, 1 Januari 2017 dikutip dari Okezone.

Menurutnya, terdapat 15% total kendaraan yang dialihkan melalui jalur alternatif. Hanya saja, kendaraan pribadi masih tetap dapat melewati jembatan ini. Saat ini, terdapat beberapa kemungkinan pengalihan lalu lintas. Di antaranya, melalui Cirebon. 

"Kalau dari persentase sehari itu ada 60 ribu dan yang dialihkan ada 8 ribu. Jadi kalau dilihat dari jumlah adalah 15% dan itu adalah kendaraan berat," jelasnya. 

Diharapkan, upaya-upaya ini akan dapat mengurangi jumlah kemacetan yang terjadi. Kerjasama dengan Kepolisian Daerah pun dilakukan agar kemacetan akibat truk trailer yang kelebihan muatan dapat diantisipasi. 

"Nanti kita akan kerja sama dengan Pak Kapolda, Kapolda akan identifikasi. Seperti yang kemarin juga macetnya lebih parah, karena dari identifikasi Kepolisian ada tikungan agak terjal dan menyulitkan kendaraan besar. Tentunya nanti Pak Kapolda bisa berikan solusi," pungkasnya.

Terimakasih telah membaca soreini, silahkan tinggalkan komen

Click to comment