Mengatasi Tersedak Duri Ikan di Tenggorokan

Soreini.com, Ikan merupakan pilihan yang baik untuk dikosumsi, selain rasanya yang lezat ikan juga memiliki protein yang banyak kadungan gizinya. Seperti yang kita ketahui ikan juga merupakan komoditas yang sangat potensial di Indonesia, jadi sangat wajar jika ikan merupakan pilihan yang baik untuk dikonsumsi.

Dibalik kelezatan ikan, tidak jarang para penikmat ikan mengalami tersedak duri ikan, atau duri ikan yang nyangkut ditenggorokan.
Jika kita menglami duri ikan nyangkut di tenggorokan  kita bisa melakukan dua hal ini yang menurut kita aman.


Nasi Kepal
Pada umumnya jika seseorang mengalami keseleg duri ikan memilih mendorong dengan nasi kepal atau buah pisang. Duri yang nyangkut ditenggorokan akan terbawa oleh nasi kepal yang padat. Namun yang perlu diingat bahwa cara ini cukup beresiko, selain justru membuat duri justru semakin tersangkut lebih kuat, nasi kepal bisa membuat kita tersedak dan menimbulkan maslah baru. Namun cara ini cukup diakui keberhasilanya




Minyak Kelapa
Cara kedua ini sangat tidak masuk akal, bahkan beberapa orang menganggap hanya mitos. Sebetulnya cara menggunkan minyak kelapa pernah dimuat dalam rubik tips disebuah majalah wanita sekitar tahun 1980-an, Langkah langkahnya sangat mudah
Ketika mengalami tersedak duri ikan pastikan kita tenang, jika panik justru membuat seluruh syaraf kita tegang proses untuk melepas duri ikan yang nyangkut  menjadi semakin sulit.
Oleskan minyak kelapa pada lubang belakang (dub*r)
Biarkan saja duri yang nyangkut akan lepas dan tertelan dengan sendirinya




Namun ada pendapat yang hampir sama yaitu dengan menggunakan minyak kayu putih di oles pada bagian tulang ekor.
Cara ini dukup efektif, karena bukan hanya diterapkan untuk orang dewasa saja, anak-anak bahkan kucing peliharaan anda.

Jika cara diatas tidak berhasil, segera periksakan kedokter untuk mencegah terjadinya infeksi. (SI/ Fahmi)

Terimakasih telah membaca soreini, silahkan tinggalkan komen

Click to comment