Membuat Meja Glow in The Dark ala Mat Brown


Soreini.com - Meja atau kayu yang berlubang dimakan rayap membuat kita merasa kurang nyaman, untuk mengatasi itu biasanya kita tambal dengan lilin,  namun seorang pria bernama Mat Brown justru melihat sebuah nilai estetika dengan sedikit menambahkan cairan resin.

Setelah kita mengetahui ide ini meja-meja kayu yang berlubang justru menjadi lebih menarik daripada meja dengan kayu yang utuh.


Untuk memiliki meja glow in the dark kita bisa mengikuti, langkah berikut.


Siapkan kayu usang yang berlubang, 
pastikan kayu dalam kondisi baik. Jika anad tidak memilikinya anda bisa memesan khusus di penjual kayu papan tebal yang berlubang.
Cairan resin dan katalis
Cairan resin dan katalis bisa kita dapatkan di toko bangunan, biasanya di jual dalam satu paket dan didalamnya terdapat petunjuk penggunaan.
Bubuk Fosfor
Bubuk fosfor bisa kita dapatkan di toko bahan kimian, ketika membeli bubuk fosfor ini, sebaiknya kita konsultasikan cara penggunaanya ditempat kita membeli. Harga bubuk fosfor1 kg sekita Rp 1,5jt, namun kita bisa membeli yang ukuran 100 g harga  kisaran Rp. 150.000.
Vernis
Seperti fungsinya untuk finising, selain membuat kayu menjadi lebih bagus juga membaut kayu jadi lebih awet.

Alat yang dibutuhkan
Amplas
Scrub
wadah
sarung tangan
Siapkan Kayu yang akan kita buat glow in the dark


Potong kayu sesuai ukuran yang kita inginkan, lalu haluskan dengan amplas
Membuat Adonan Resin Sekarang buat adonan resinya. Campurlah resin katalis ke suatu wadah plastic (bisa bekas minuman gelas atau wadah lainnya). Jangan diaduk dulu, tambahkan bubuk fosfor glow in the dark. Disini saya menggunakan bubuk fosfor Lalu campurkan bubuk fosfor tersebut ke dalam larutan tadi. Perbandingannya adalah resin:katalis:bubuk fosfor—100:5:20 (dalam ukuran volume). Lalu baru diaduk sampai rata



Isi Bagian lubang dengan Resin
Tuangkan adonan tadi ke lubang-lubang kayu yang ada. Usahakan jangan terlalu banyak yang tumpah atau melebar. Juga kalau bisa resin yang dituangkan agak dilebihkan sampai membentuk permukaan yang cembung, karena adonan tersebut bakalan menyusut. Tunggulah sehari sampai donan tersebut kering sempurna
 Finishing Jika adonan resin sudah kering, kita haluskan kembali dengan amplas, lalu lapisi dengan vernis supaya hasil lebih bagus dan mengkilat
Untuk membuat meja glow in the dark memang membutuhkan kesabaran, namun jika melihat hasilnya kita akan rela untuk membuat meja tersebut. Bukan hanya meja yang bisa kita buat menjadi glow in the dark, kita bisa membuat berbagai macam benda kayu lainya, seperti rak buku, lemari dan lainya.

(sumber http://www.thisiscolossal.com)