Kiat Berbelanja Online Dengan Aman

Soreini.com, Masyarakat kini sudah terbiasa untuk melakukan transaksi pembelian secara online. Pilihan belanja secara online memiliki kelebihan tersendiri dibanding belanja offline, terutama di era yang menuntut mobilitas tinggi seperti sekarang.

Kelebihan Belanja Online Antara Lain :

Kemudahan
Belanja online tidak menyita waktu dan tenaga, karena semua hanya dilakukan di depan monitor.
Banyak Item
Banyak orang yang harus memutuskan untuk belanja online karena item yang diinginkan sulit untuk didapat.
Perbandingan harga
Belanja online kita bisa melakukan perbandingan harga secara mudah.

Namun belanja online sangat rentan dengan terjadinya penipuan, atau barang yang kita beli tidak sesuai dengan harapan. Namun hal ini jangan sampai membuat kita merasa takut belanja online. Namun kita harus lebih waspada.

Hal yang harus diperhatikan pada saat belanja online:


Jangan mudah tergoda 
Perilaku konsumen secara umum sangat rentan dengan tawaran diskon, harga murah, hadiah dll.
Meskipun mulai banyak konsumen cerdas yang tidak mudah percaya dengan berbagai tawaran, namun tidak sedikit konsumen yang mudah tergoda dengan model promo bombastis.
Kita bisa memanfaatkan media online untuk melakukan perbandingan harga,misal jika kita membeli hanphone bekas dengan harga murah kita bisa cek harga rata-rata barang tersebut dalam kondisi bekas.
Jika sangat murah sekali ada hal yang tidak wajar, sebaiknya dihindari. Atau promo-promo yang bombastis.
Perilaku mudah tergoda tidak pandang bulu, banyak orang kritis pun tertipu, terutama dalam kondisi ekonomi yang masih sulit.

Perhatikan Detail Produk
Kita harus tahu spesifikasi barang, misalnya berbelanja Kaos, kita harus tahu jenis bahan kaos, terkadang ada penjual berusaha mengelabui dengan spesifikasi yang tidak lengkap dalam lapaknya di tulis bahan dari katun, perlu kita perjelas katun jenis kardet atau kombat? .
Untuk mengetahui informasi spesifikasi barang sangat mudah kita cukup browsing.
Jika barang bekas tanyakan langsung pada penjualnya, bisa melalui WA, BBM dll.

Lakukan Analisa Toko 
Jika kita berbelanja pada toko online yang besar, tentu tidak terlalu menjadi masalah, namun jika belanja di toko online kecil di Fanspage, atau Web. Kita bisa melakukan analisa.
Pastikan usia Toko
Banyak modus para penipu yang berpindah-pindah akun,mereka membuat toko baru lalu tutup, buka baru lagi lalu tutup, namun toko online asli ketika baru diluncurkan kebanyakan pembelinya adalah teman pemilik toko dan jumlah pembelinya pun tidak banyak.
Testimoni
Sekarang testimoni bisa direkayasa, tapi kita bisa menganalisa, jika testimoninya sangat bagus dan bombastis ada indikasi rekayasa.
Cek Reputasi dari Mesin Pencari
Ketik "hati-hati belanja di fulano", kita lihat permasalahan yang pernah dialami fulano pada konsumen, jika fulano melarikan uang sudah pasti mutlak fulano penipuan, tapi jika konsumen kecewa pengiriman terlambat, atau barang jelek, atau komplain yang pada umumnya terjadi, artinya fulano memang ada transaksi.

Toko yang memiliki reputasi 100% baik justru perlu kita waspadai

Metode Pembayaran
Metode pembayaran paling aman yaitu dengan cara COD (cash on delivery). Namun tidak semua menawarkan hal tersebut, Kebanyakan pembayaran transaksi online dilakukan dengan menggunkan transfer. Metode ini paling umum digunkan. Yang paling harus diperhatikan kita harus menyimpan bukti pembayaran smpai barang tersebut kita terima.


Mudah-mudahan kiat ini bermanfaat, setiap orang memiliki pengalaman masing-masing dalam belanja online, jangan ragu untuk saling berbagi pengalaman, termasuk pengalaman kurang menyenangkan pada saat belanja online. (SI/Fahmi)

Terimakasih telah membaca soreini, silahkan tinggalkan komen

Click to comment