Dari Mana Datangnya HOAX


Soreini.com - Hoax sebuah istilah yang sudah lama dikenal sebagai bahasa yang digunakan para netizen, Hoax sendiri memiliki arti pemberitaan palsu, kebohongan, penipuan. Menurut wikipedia hoax memiliki arti

Pemberitaan palsu adalah usaha untuk menipu atau mengakali pembaca/pendengarnya untuk mempercayai sesuatu, padahal sang pencipta berita palsu tersebut tahu bahwa berita tersebut adalah palsu.

Beberapa waktu terakhir ini di Indonesia sedang ramai dengan pemberitaan-pemberitaan palsu atau hoax. Sehingga banyak masyarakat bertanya dari mana istilah tersebut muncul.
Istilah kata hoax sendiri tidak muncul dalam KBBI online  (Kamus Besar Bahasa Indonesia), jika dalam bahasa inggris dalam translate goolge hoax memiliki arti berita palsu. Namun istilah tersebut menjadi populer dikalangan netter.


Istilah hoax diambil dari sebuah judul film yang di sutradarai oleh Lasse Halstrom dengan judul The Hoax , cerita film ini berasal dari buku yang ditulis oleh Clifford Irving yang berisi tentang biografinya.

Namun dalam perjalanan pembuatan film the hoax, banyak kejadian yang diuraikan Irving dalam bukunya diubah atau dihilangkan dari film,  "saya dipekerjakan oleh produser sebagai penasihat teknis film, tapi setelah membaca naskah terakhir saya meminta agar nama saya dihapus dari kredit film", ujar Irving.

Sejak itu the hoax menjadi begitu populer dikalangan netter, sebagai film yang penuh kebohogan, dan istilah hoax sering disebut-sebut untuk menjelaskan istilah berita palsu.

Terimakasih telah membaca soreini, silahkan tinggalkan komen

Click to comment