Cara Mudah Membuka Tutup Botol Atau Jar yang Terlalu Ketat

Soreini.com,  Jar dan botol biasa kita temui pada produk selai, sambal, oncom dan lain sebagainya, Jar didesain dengan puatran yang tidak terlalu banyak tepatnya hanya satu putaran namun tetap aman untuk menyimpan bahan makanan. Tetapi dibalik kelebihan jar sebagai penyimpan bahan makanan, terkadang kita menjadi kesulitan untuk membukanya, terutama pada jar  dan botol yang masih baru.

Alasan mengapa sulit untuk membuka tutup jar atau botol, hal ini disebabkan oleh tekanan udara dalam jar yang tertutup rapat. Namun kita bisa membukanya dengan mudah dengan berbagai cara berikut

Cara membuka tutup botol jar


Dengan cara diketuk
Hanya dengan mengetuk tutup botol atau jar yang terlalu ketat menggunakan kayu membantu mengurangi tekanan udara didalam jar, sehingga tutup mudah untuk diputar. Kita bisa menggunakan gagang pisau atau irus kayu untuk menggoreng. Cukup ketuk beberapa kali.


Dengan menggunkan lakban

Lakban membantu kita untuk memutar tutup jar yang terlalu ketat, dengan langkah-langkah sebagai berikut :
Siapkan lakban dengan panjang secukupnya,
lapisi menjadi 3
Tempelkan lakban yang sudah dilapis tiga tersebut disekitar tutup jar.
Jika sudah merekat kuat, tarik lakban
Cara ini kurang praktis, karena kita harus mempersiapkan lakban dan terkadang pada saat menarik terjadi guncangan sehingga isi dalam jar berhamburan.

Dengan Melubangi Tutup

lubangi tutup jar, bertujuan untuk membuat lubang udara, secara otomatis tekanan udara akan hilang dan tutup botol atau jar mudah dibuka.

Dari ketiga cara tersebut tentu kita akan memilih cara pertama, selain praktis juga tidak merusak tutup, sehingga bisa digunakan kembali. (SI/ Fahmi)

Terimakasih telah membaca soreini, silahkan tinggalkan komen

Click to comment