Cara Menghentikan Cegukan


Soreini.com - Singultus atau istilah yang biasa kita kenal dengan cegukan merupakan fenomena dalam kesehatan yang dianggap biasa oleh masyarakat. Pada umumnya cegukan terjadi dalam waktu yang tidak lama, namun perlu kita waspadai jika mengalami cegukan lebih dari 30 menit atau terjadi sekitar 45 menit bahkan sampai 2 hari. Jika hal ini sampai terjadi bisa mengakibatkan kerusakan syaraf, gangguan jantung, insomnia hingga rusaknya metabolisme tubuh.

Dalam medis Singultus atau cegukan disebabkan oleh terjadinya kontraksi pada diefragma atau membran antara dada dan perut. Pemicu terjadinya kontraksi tersebut antara lain :

Dehidrasi
Kekurangan cairan pada tubuh dapat mengakibatkan berbagai gangguan salah satunya adalah gangguan pada sistem pencernaan, hal ini yang menjadi penyebab cegukan.

Tergesa-gesa pada saat makan
Makan yang tergesa-gesa bisa menyebabkan oksigen masuk secara tiba-tiba kedalam paru-paru, hal ini yang menyebabkan kontraksi pada diafragma.

Kekenyangan
Kondisi perut yang terlalu penuh dapat mengakibatkan ruang deafragma menjadi sempit.

Makan Sambil Bicara
Sama seperti makan tergesa-gesa, bagi Muslim makan tergesa-gesa, makan sambil berbicara dan makan sampai kekenyangan tidak diperbolehkan, bukan hanya mengenai adab namun juga memiliki alasan secara medis.

Rasa makanan terlalu pedas, asin dan asam
Makanan yang rasanya terlalu, asin dan asam dapat menyebabhkan kontraksi pada deafragma, hal ini karena lidah mengalami rangsangan rasa yang terlalu kuat sedangkan pedas pada cabai lada dan yang lainya dapat menyebabkan tingkat karbondioksida pada darah meningkat.

baca : Cara menghilangkan kepedasan dilidah

Emosi yang berlebihan
Kondisi psikis yang emosional seperti stress, gelisah dan terlalu meluapkan kegembiraan bisa membuat kantung diafragma turun naik.

Cara Efektif Menghentikan Cegukan
Hal diatas merupakan pemicu dari cegukan, jika mengalami cegukan kita harus segera menghentikannya dengan cara berikut.
1. Pastikan kita dalam kondisi tenang
2. Dengan menarik nafas dalam lalu tahan kira-kira 8-12 detik, lalu hembuskan pelan-pelan melalui         mulut. Atau dengan meniup kantung plastik.
3. Jika cara pertama belum cukup dengan meminum segelas air putih secara perlahan-lahan.
    jika kurang reda kita bisa mengulanginya lagi. Lebih baik jika menggunakan jeruk lemon.
(sumber halosehat)

baca : Cara mengatasi tertelan duri ikan

Terimakasih telah membaca soreini, silahkan tinggalkan komen

Click to comment