Cara Ampuh Menghilangkan Kepedasan Dilidah


Soreini.com - Makanan pedas terasa nikmat, namun terkadang justru menyiksa, pada saat seseorang mengalami kepedasan ia akan berusaha meredakanya dengan minum es. Bukanya hilang, rasa pedas dimulut justru semakin lengket.


Pada dasarnya ketika kepedasan kita minum es, rasa pedas dilidah hilang namun efeknya hanya sementara. Bahkan setelah air es sudah ditelan rasa pedas justru menjadi lebih kuat, hal ini terjadi karen terjadinya perubahan ekstrim dari dingin ke panas yang ditimbulkan oleh cabe.
Untuk mehilangkan pedas yang efektif, kita bisa menggunakan cara berikut.
Nasi
Makanlah nasi putih hangat, Nasi bisa menyerap rasa pedas yang ada pada lidah kita cara ini cukup efektif meskipun berbalik dengan meminum air es.

Kacang & Garam
Makan kacang atau garam mampu mengurai kadar kapsaisin, sehingga rasa pedas bisa hilang secara berangsur.

Air Hangat
Untuk mengatasi kepedesan biasanya kita minum air es, memang ketika itu rasa pedas hilang tapi setelah berhenti minum rasa pedas kembali lagi. Justru air putih hangat yang bisa menghilangkan rasa pedas.

Susu atau Yogurt
Kandungan kaesin pada susu mampu memecah kapsaisin, namun perlu hati-hati mengkonsumsi susu setelah makan pedas bisa berakibat sakit perut. Jika mengalami sakit perut akibat cabai

baca: Cara Mengatasi Sakit Perut Akibat Cabai

Cara diatas lebih efektif dibanding dengan minum air es, namun selama ini tidak banyak yang mengetahuinya.

baca : Cara Menghilangkan Rasa Panas Akibat Cabai Pada Tangan

Terimakasih telah membaca soreini, silahkan tinggalkan komen

Click to comment