Beberapa Cara Mengusir Kutu Beras


Soreini.com - Kumbang beras yang dikenal masyarakat dengan kutu beras, meskipun tidak berbahaya namun sangat mengganggu. Selain itu kumbang beras sulit untuk dikendalikan.

Dari manakah kutu beras muncul ?
Kutu beras berasal dari beras yang ditimbun terlalu lama dengan wadah/tempat yang tertutup rapat dan cenderung stabil kelembabannya. Beras memiliki serbuk halus yang biasa disebut dengan tepung beras, jika terlalu lama berada dalam suhu kelembaban yang cenderung stabil dalam jangka waktu yang lama, akan melahirkan sebutiran telur kumbang beras, kemudian menetas lalu melahirkan si kutu beras

Untuk mengusir kutu beras kita bisa melakukan hal-hal berikut :

Bawang Putih
Bawang putih yang sudah dikupas akan menimbulkan bau yang menyengat, bau tersebut tidak disukai oleh kutu beras. Dengan meletakkan beberapa bawang putih yang sudah dikupas pada beras, kutu akan pergi. Namun cara ini akan menimbukan bau bawang pada beras.

Cabai
Kandungan kapsaisin pada cabai  dapat menimbulkan panas, aroma kapsaisin ini membuat kutu akan menyingkir. Kita bisa memasukkan beberapa cabai kedalam plastik lalu lubangin dengan tusuk gigi. Letakkan plastik yang berisi cabai tersebut kedalam beras.

Jemur di tepat yang panas
Seperti yang dilakukan oleh orang pada umumnya, dengan menuangkan beras di tempat lebar lalu menjemurnya dibawah matahari.

Lada
Sama seperti cabai, tinggal masukkan lada pada beras maka kutu akan menyingkir karena tidak suka dengan aroma lada tersebut.

Kayu Manis
Sangat mudah sekali, tinggal masukkan kayu manis pada beras.

Cara diatas cukup efektif untuk mengusir kutu pada beras, kita bisa menggunakan salah satu cara yang menurut kita mudah.

Terimakasih telah membaca soreini, silahkan tinggalkan komen

Click to comment