Banyak Kesalahan Pelajaran Sekolah Yang Tidak Kita Sadari, Ini 7 Diantaranya


Soreini.com - Ternyata semua pelajaran yang kita pelajari di sekolah tidak semuanya benar, hal ini disebabkan oleh perkambangan kemajuan teknologi yang mampu mengungkap berbagai teori-teori yang lebih akurat. Namun  ada alasan tertentu hingga sengaja disederhanakan dalam kurikulum pelajaran.

Hal ini harus kita ketahui untuk meluruskan tentang kesalahan-kesalahan dalam pelajaran yang disampaikan di sekolah, setidaknya pada anak-anak kita.

7 kesalahan pelajaran yang tidak kita sadari




Berlian terbuat dari batu bara
Ketika SD (Sekolah Dasar) kita diajarkan dalam mate pelajaran IPA (Ilmu Pengetahuan Alam), bahwa berlian terbuat dari batubara yang memadat didalam tanah selama berjuta-juta tahun. Namun pada kenyataanya, berlian terbentuk dari senyawa karbon pada saat pembentukan bumi.



Di luar angkasa tidak ada grafitasi
Selama ini masyarakat menganggap bahwa di luar angkasa tidak ada gravitasi, itu karena pelajaran sekolah yang selama ini kita terima mengajarkan seperti itu. Sebetulnya diluar angkasa terdapat gaya gravitasi, namun lebih kecil dibanding dengan bumi. Jika kita melihat gambar atau video para astronot yang terlihat sedang melayang, mereka sebetulnya tidak benar-benar melayang, melainkan mereka sedang terjatuh namun sangat perlahat, sehingga terlihat seperti melayang.



Teori grafitasi ditemukan ketikan Newton melihat apel jatuh
Sebuah cerita sejarah tentang Isac Newton yang menemukan gaya gravitasi, pada saat itu Newton melihat buah apel yang terjatuh dari pohon, yang mendasari penemuan teori gravitasi. Cerita tersebut tidak sesuai dengan fakta sejarah, dan terlalu dangkal. Pada kenyataanya hukum Gravitasi ditemukan Newton dari hasil penelitiannya. Bahkan kesalahan ini juga melekat pada filosofi logo apple yang merupakan perusahan teknologi yang didirikan oleh Steve Job.


Bunlong berubah warna sebagai kamuflase untuk menghindari bahaya
Bunglon memiliki kemampuan kamuflase pada kulitnya, menurut pejaran yang kita dapatkan hal kamuflase ini merupakan cara untuk menghindari bahaya. Hal ini bisa dikatakan kurang tepat. Bunglon berubah warna kulit merupakan cara komunikasi yang menandakan ada bahaya, selain itu perubahan warna pada bunglon lebih banyak dilakukan untuk mengatur suhu tubuh.


Penemu bola lampu adalah Thomas Alfa Edison
 Dari dahulu bahkan mungkin hingga saat ini, dalam pelajaran disebutkan bahwa penemu bola lampu adalah Thomas Alfa Edison, Namun penemu bola lampu yang sebenarnya adalah Heinric Goebel, kemudian bola lampu hasil penemuan Heinrich Goebel ini dibeli Lisensinya oleh Thomas Alfa Edison.
 
Seniman Van Gogh Memotong Telinganya
 Dalam sejarah terdapat cerita populer mengenai Van Gogh memotong telingaya sendiri pada saat mengalami gangguan jiwa, sejarah tersebut tidak benar, karena Telinga Van Gogh terpotong ketika terjadi perkelahian dengan sesama rekanya.


Lidah Menangkap rasa pada bagian tertentu
Jika dalam pelajaran SMP dulu kita diajakan bahwa bagian lidah tertentu menangkap rasa yang berbeda-beda, seperti misalnya ujung lidah menerima rangsang rasa manis, bagian lidah dalam yang merasakan rasa pahit. Teori tersebut sudah tidak berlaku lagi, karena semua bagian lidah menangkap rasa yang sama, dan rasa asam di tangkap oleh protein pada bagian lidah sehingga kita bisa mengetahui ketika mengkonsumsi makanan yang sudah basi.

Terimakasih telah membaca soreini, silahkan tinggalkan komen

Click to comment